TATHBIIQU THORIQOTUL-QIROOATI AL JAHRIYYAH LI TAHSIINI MAHAARATUL-QIROOATI AL-'ARABIYYAH LI THULLAABI AL-MADRASAH AL-IBTIDAAIYAH MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG ASSANIYAH YUGYAKARTA

UBAIDILLAH (2023) TATHBIIQU THORIQOTUL-QIROOATI AL JAHRIYYAH LI TAHSIINI MAHAARATUL-QIROOATI AL-'ARABIYYAH LI THULLAABI AL-MADRASAH AL-IBTIDAAIYAH MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG ASSANIYAH YUGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Yogyakarta setelah diterapkan metode membaca nyaring (Reading Aloud). Subyek penelitian ini  adalah kelas V yang berjumlah yang berjumlah 25 siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroon Action Research) dengan pendekatan Kualitatif, yang terdiri dari dua siklus. Dan tektik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Kemampuan membaca bahasa arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 masih tergolong rendah. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran Bahasa Arab, hal ini terlihat saat kegiatan belajar mengajar siswa tidak fokus terhadap materi yang disampaikan oleh pengajar dan cenderung bermain sendiri. Adapun pembelajaran yang masih menggunakan metode clasic atau ceramah.Hasil penlitian menunjukkan bahwa penerapan metode Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab. Hal ini dapat dilihat melalui nilai rata-rata siswa pada pre test sebesar 66,77 sedangkan nilai rata-rata siswa post test pada siklus 1 72,21 dan pada siklus 2 yaitu 83,91.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reading Aloud Method, Reading Ability, Arabic Language
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:47
Last Modified: 22 Sep 2023 06:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40159

Actions (login required)

View Item
View Item