EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN

SRI WAHYUNI (2023) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Metode pembelajaran yang sesuai dan menarik merupakan salah satu kunci proses pembelajaran yang dapat menarik minat serta kesemangatan siswa dalam belajar, sehingga siswa dapat berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran bahasa arab di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan masih menerapkan model pembelajaran secara konvensional yang diulang secara terus-menerus dalam sistem pembelajaran. Kualitas pembelajaran disekolah dapat dikatakan cukup baik dapat dilihat dari segi fasilitas sekolah, ruangan, lingkungan dan lain sebagainya. Hanya saja dalam sistem pembelajaran perlu ada beberapa tambahan untuk membuat guru lebih inovatif dan kreatif dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa. Oleh karena itu peneliti akan mencoba mempraktekkan pembelajaran menggunakan metode kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dengan berbantuan games teka-teki silang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap prestasi siswa belajar bahasa arab siswa di kelas 8 SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan nonequivalent control group design. Peneliti akan menggunakan 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas eksperimen 8e dan kelas kontrol 8d. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan sampel sensus/sampling total masing-masing sampel kelas berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui tekhnik observasi, wawancara, Pre Post Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran menggunakan kooperatif Teams Games Tournament berbantuan games teka teki silang terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode pembelajaran kooperatif ini dapat mengubah siswa menjadi lebih antusias dalam belajar serta memberikan kemudahan untuk siswa dapat memahami materi lebih cepat. Hasil perolehan data membuktikan bahwa pada uji independen sampel t test menunjukkan nilai sig 2 tailed 0,000 kurangdari 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan rata-rata prestasi belajar siswa antara pembelajaran kooperatif TGT dan pembelajaran tidak menggunakan kooperatif TGT. Pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) sangat efektiv diterapkan dalam dunia pembelajaran, siswa akan menjadi lebih mudah memahami pelajaran apabila belajar sambil bermain games dengan materi dan tidak membuat siswa merasa bosan dalam belajar. Perlahan siswa akan menghilangkan asumsi bahwa pembelajaran bahasa arab sulit seperti yang mereka bayangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Model, TGT, Learning Achievement
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:15
Last Modified: 08 Nov 2023 06:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40383

Actions (login required)

View Item
View Item