BELLA (2023) ANALISIS PETA DOMAIN PADA INDIKATOR PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SD MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (257kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
Bab I.pdf
Download (710kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (920kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (668kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (845kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (657kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (664kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan permasalahan berikut: 1). Bagaimana Pemetaan Ranah Kognitif Pada Indikator Pembelajaran Kosakata Buku Ajar Pendidikan Bahasa Arab SD Muhammadiyah yang berbasis pada Taksonomi Bloom? 2). Bagaimana mengelompokkan Indikator Pembelajaran Kosakata Buku Ajar Pendidikan Bahasa Arab SD Muhammadiyah berdasarkan Taksonomi Bloom? Maka tujuan penlitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemetaan ranah kognitif tingkat kognitif indicator pembelajaran kosakata dan pengelompokkan indicator pembelajaran kosakata pada buku ajar pendidikan Bahasa arab SD Muhammadiyah kelas 5 berdasarkan teori taksonomi bloom.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan buku ajar Pendidikan Bahasa Arab SD Muhammadiyah kelas 5 tahun 2018 yang disusun oleh Nur Muhammad, S.Pd.I dan Sulhan Jamroji, S.H.I. Teknik analisis data menggunakan Pengelompokan Data, Reduksi Data, Display Data, dan Kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil berupa ranh kognitif pada indicator pembelajaran kosakata Bahasa arab pada materi Sekolah, Kelas, Siswa, Alat-alat sekolah, Guru, Pelajaran, Waktu dan Sahabat, hanya memuat tiga kategori level kognitif yakni C1 (Mengingat), C2 (Memahami), dan C3 (Mengaplikasikan). Pengelompokkan indicator pembelajaran kosakata Bahasa arab C1 (Mengingat) diperoleh 41 indikator, C2 (Memahami) diperoleh 7 indikator, dan C3 (Mengaplikasikan) diperoleh 18 indikator, C4 (Menganalisis)-, C5 (Mengevaluasi)-, C6 (Mencipta)-. Hal ini menunjukkan bahwa kelompok tingkat kognitif C1 (mengingat) dan C2 (memhamai) lebih dominan daripada kelompok tingkat kognitif lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Indicators Analysis, Cognitive realm, Bloom's taxonomy |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 01:55 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 01:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40414 |