MUHAMMAD ABID RASYIDDIN (2023) ANALISIS PROBLEMATIKA KETERAMPILAN MENULIS HURUF AKFABET ARAB DALAM MEMAHAMI MAKNA KATA BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PEKALONGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (829kB)
Bab I.pdf
Download (570kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (844kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (562kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (830kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (541kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (671kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (451kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran menulis huruf alfabet Arab dalam memahami makna kata bagi siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan, khususnya dalam mengungkapkan persoalan-persoalan atau permasalahan menulis huruf alfabet Arab dalam memahami makna kata di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling sebanyak delapan belas siswa dari empatpuluh delapan siswa, dan teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan test tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan data reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Problematika dalam keterampilan menulis huruf alfabet Arab dalam memehami makna kata: Penulisan huruf hijaiyah yang kurang rapi, Penulisan huruf hijaiyah yang menyerupai huruf hijaiyah lainnya, Kesalahan siswa saat menyambungkan huruf menjadi kosakata arab, Siswa kurang tepat dalam mengartikan sebuah kosakata. 2) Sebab adanya problematika tersebut yaitu faktor internal: Kurangnya fokus pada saat pembelajaran berlangsung, Kurangnya latihan siswa dalam pembelajaran menulis arab, Kurangnya minat belajar menulis Arab siswa, Anggapan siswa bahwasannya pelajaran bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit sehingga minat belajar siswa sedikit, Kurangnya antusias saat pembelajaran bahasa Arab dan faktor eksternal: Minimnya intensitas belajar bahasa Arab siswa terutama pada pembelajaran menulis Arab dikelas, Siswa hanya menerima pembelajaran menulis Arab hanya dalam pendidikan forma saja, Kurangnya perhatian orang tua terhadap mata pelajaran bahasa Arab terutama pada keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problems, Arabic Writing Skill, meaning of words |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:10 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40787 |