ANALISIS PROBLEMATIKA KETERAMPILAN MENULIS HURUF AKFABET ARAB DALAM MEMAHAMI MAKNA KATA BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PEKALONGAN

MUHAMMAD ABID RASYIDDIN (2023) ANALISIS PROBLEMATIKA KETERAMPILAN MENULIS HURUF AKFABET ARAB DALAM MEMAHAMI MAKNA KATA BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PEKALONGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran menulis huruf alfabet Arab dalam memahami makna kata bagi siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan, khususnya dalam mengungkapkan persoalan-persoalan atau permasalahan menulis huruf alfabet Arab dalam memahami makna kata di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling sebanyak delapan belas siswa dari empatpuluh delapan siswa, dan teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan test tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan data reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Problematika dalam keterampilan menulis huruf alfabet Arab dalam memehami makna kata: Penulisan huruf hijaiyah yang kurang rapi, Penulisan huruf hijaiyah yang menyerupai huruf hijaiyah lainnya, Kesalahan siswa saat menyambungkan huruf menjadi kosakata arab, Siswa kurang tepat dalam mengartikan sebuah kosakata. 2) Sebab adanya problematika tersebut yaitu faktor internal: Kurangnya fokus pada saat pembelajaran berlangsung, Kurangnya latihan siswa dalam pembelajaran menulis arab, Kurangnya minat belajar menulis Arab siswa, Anggapan siswa bahwasannya pelajaran bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit sehingga minat belajar siswa sedikit, Kurangnya antusias saat pembelajaran bahasa Arab dan faktor eksternal: Minimnya intensitas belajar bahasa Arab siswa terutama pada pembelajaran menulis Arab dikelas, Siswa hanya menerima pembelajaran menulis Arab hanya dalam pendidikan forma saja, Kurangnya perhatian orang tua terhadap mata pelajaran bahasa Arab terutama pada keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problems, Arabic Writing Skill, meaning of words
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:10
Last Modified: 26 Oct 2023 06:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/40787

Actions (login required)

View Item
View Item