Sulistiowati (2021) The Correlation between Students’ Foreign Language Anxiety and Their English Learning Motivation at English Language Education Department. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (520kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (513kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Bab I.pdf
Download (243kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (455kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (712kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Bahasa Inggris adalah bahasa yang dipelajari dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Dalam mempelajari bahasa Inggris, orang biasanya menghadapi beberapa masalah seperti kecemasan dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa, tingkat motivasi siswa, serta hubungan antara kecemasan bahasa asing siswa dengan motivasi belajar bahasa Inggris di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai desain penelitian. Data dikumpulkan dari 132 peserta mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 di sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Selain itu, kuesioner yang digunakan diadaptasi dari Skala Kecemasan Kelas Bahasa Asing (FLCAS) oleh Horwitz et al. (1986) dan studi oleh Wilmomas (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan bahasa asing mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 perguruan tinggi swasta di Yogyakarta berada pada tingkat sedang dengan rerata hasil 106,5. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan nilai mean 3,7. Terakhir, penelitian ini menemukan korelasi negatif antara kecemasan bahasa asing siswa dan motivasi siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa korelasi negatif menunjukkan semakin tinggi tingkat kecemasan bahasa asing siswa, maka semakin rendah tingkat motivasi siswa.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 06:46 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 06:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4182 |