he Influence of Teacher’s Competence towards Students’ Learning Process as Perceived by In-service Teacher

Khairunnisa (2021) he Influence of Teacher’s Competence towards Students’ Learning Process as Perceived by In-service Teacher. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)

Abstract

<p>Dalam proses belajar mengajar, guru berperan penting dalam membimbing siswa. Selanjutnya kualitas seorang guru harus diperhatikan dan ditingkatkan agar berhasil dalam mengajar. Ada beberapa kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru untuk meningkatkan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru tersebut terhadap proses belajar siswa menurut perspektif guru dalam jabatan. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan desain kualitatif deskriptif. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui wawancara dengan tiga guru dalam jabatan yang memiliki latar belakang pendidikan berbeda seperti guru bahasa Inggris, guru ekonomi, dan guru bahasa Indonesia. Hasil temuan pertama bahwa ada beberapa kompetensi yang dianggap perlu dimiliki oleh seorang guru untuk menjadi kompeten yaitu, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan keseimbangan keempat kompetensi tersebut. Temuan selanjutnya membahas tentang pengaruh kompetensi guru terhadap proses pembelajaran dan dilaporkan berdasarkan kompetensi masing-masing sebagai berikut. Seorang guru yang memiliki kompetensi pedagogik akan mempersiapkan pembelajaran dengan matang dan lebih percaya diri dalam mengajar. Seorang guru dengan kompetensi profesional yang baik akan sangat menguasai materi dan memberikan penjelasan yang jelas dalam proses pengajaran. Guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang baik akan menguasai karakter siswa dan membuat siswa menerima materi pembelajaran dengan baik. Seorang guru yang memiliki kompetensi sosial akan memiliki hubungan yang baik dengan siswa yang memungkinkan siswa untuk lebih terbuka kepada guru dan dapat dengan mudah bertanya dan mengungkapkan masalahnya kepada guru. Selain itu, seorang guru yang mampu menyeimbangkan keempat kompetensi tersebut akan menjadi guru yang ideal dalam mengajar materi.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2021 06:36
Last Modified: 17 Dec 2021 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item
View Item