FATIYYA MILADINNA (2023) PENGARUH KEAKTIFAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD MUHAMMADIYAH INOVATIF BATURETNO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (892kB)
Bab I.pdf
Download (780kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (921kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (680kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (747kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Belajar merupakan usaha yang tidak mudah dan kadang menjenuhkan. Dalam kegiatan pembelajaran tentu guru menginginkan peserta didik dapat aktif dalam proses pembelajaran, tetapi tidak semua peserta didik mampu menerima pelajaran dengan baik. Permasalahan pada penelitian ini adalah tingkat kekaktifan siswa yang berbeda-beda, beberapa siswa yang tidak memperhatikan pelajaran dan ada siswa yang tidak berani untuk mengemukakan pendapatnya. Sehingga ini membuktikan bahwa keaktifan siswa dalam belajar kurang optimal. Keaktifan belajar sangat diperlukan untuk terciptanya pembelajaran yang interaktif, aktif dan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa SD Muhammadiyyah Inovatif Baturetno. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, jumlah populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV dan V di SD Muhammadiyah Inovatif Baturetno, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling sehingga responden berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa dari 50 responden diperoleh r hitung sebesar 0,487, maka pada taraf 5% diperoleh r tabel sebesar 0,279. Jadi hipotesis kerja diterima sedangkan hipotesis nol ditolak. Sedangkan tingkat pengaruh termasuk kategori sedang terbukti berdasarkan hasil rumus Product Moment, menunjukkan nilai 0,487 setelah dikonsultasikan ternyata angka tersebut pada kisaran antara (0,40-0,70) yang menyatakan antara variabel X atau variabel Y terdapat korelasi yang �sedang�. Jadi kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat Pengaruh antara Keaktifan terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab SD Muhammadiyah Inovatif Baturetno tahun akademik 2022/2023.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Activeness, Learning Outcomes, effect |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 03:50 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 03:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42044 |