EFEKTIFITAS METODE BERNYANYI DALAM MININGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS DUA MADRASAH DINIYA TAKMILIYA AWALIA BAITURRAHMAN MUARA SABAK TIMUR JAMBI

BAHARUDIN (2023) EFEKTIFITAS METODE BERNYANYI DALAM MININGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS DUA MADRASAH DINIYA TAKMILIYA AWALIA BAITURRAHMAN MUARA SABAK TIMUR JAMBI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas II di MDTA Baitur-Rahman, Muara Sabak Timur, Jambi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest. Analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Arab pada hasil post-test. Penelitian ini mengungkapkan bahwa metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Hal ini didukung oleh data yang menunjukkan bahwa nilai distribusi normal dari data pre-test dan post- test memiliki nilai signifikansi sebesar 0,010, yang lebih besar dari 0,005. Selain itu, peneliti juga melakukan uji Wilcoxon untuk menentukan tingkat perbedaan sebelum dan setelah penerapan metode bernyanyi. Hasilnya menunjukkan bahwa 20 siswa mengalami peningkatan, 2 siswa tetap, dan tidak ada siswa yang mengalami penurunan, jadi terjadi peningkatan yang keseluruan siswa 22 orang. Diharapkan penelitian ini akan memiliki dampak yang signifikan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pengembangan metode pengajaran bahasa Arab yang lebih efektif dan inovatif. Metode bernyanyi dapat dianggap sebagai alternatif berharga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di sekolah, terutama di daerah- daerah dengan keterbatasan sumber belajar bahasa Arab. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Singing method, Arabic vocabulary
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 11 Nov 2023 07:51
Last Modified: 11 Nov 2023 07:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42393

Actions (login required)

View Item
View Item