BAHARUDIN (2023) EFEKTIFITAS METODE BERNYANYI DALAM MININGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS DUA MADRASAH DINIYA TAKMILIYA AWALIA BAITURRAHMAN MUARA SABAK TIMUR JAMBI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (532kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (57kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Bab I.pdf
Download (328kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (249kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas II di MDTA Baitur-Rahman, Muara Sabak Timur, Jambi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest. Analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Arab pada hasil post-test. Penelitian ini mengungkapkan bahwa metode bernyanyi efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Hal ini didukung oleh data yang menunjukkan bahwa nilai distribusi normal dari data pre-test dan post- test memiliki nilai signifikansi sebesar 0,010, yang lebih besar dari 0,005. Selain itu, peneliti juga melakukan uji Wilcoxon untuk menentukan tingkat perbedaan sebelum dan setelah penerapan metode bernyanyi. Hasilnya menunjukkan bahwa 20 siswa mengalami peningkatan, 2 siswa tetap, dan tidak ada siswa yang mengalami penurunan, jadi terjadi peningkatan yang keseluruan siswa 22 orang. Diharapkan penelitian ini akan memiliki dampak yang signifikan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pengembangan metode pengajaran bahasa Arab yang lebih efektif dan inovatif. Metode bernyanyi dapat dianggap sebagai alternatif berharga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di sekolah, terutama di daerah- daerah dengan keterbatasan sumber belajar bahasa Arab. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Singing method, Arabic vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 07:51 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 07:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42393 |