Nabilah Rif'at Azizah Shalihah (2021) Tattsir Atta'allum 'Ibral Intirniit Tahsinii Mukhrajat Atta'allim Billughtaul Arabiyat Fii Thullab Asshafii Asshabi' min Madrasatil Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Yukyaakartaa Assanati Addirosah 2019/2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (503kB)
Bab I.pdf
Download (621kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (587kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (682kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (972kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (741kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan yang signifikan
terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta, kekurangan dan kelebihan pembelajaran online selama masa pandemi
serta penerapan pembelajaran online di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah
campuran dan merupakan penelitian lapngan (field research).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama pembelajaran online hasil belajar
siswa bahasa Arab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran
2019/2020 tersebut mengalami kenaikan yang signifikan. Menurut perhitungan dengan
jumlah sample 75 siswa menggunakan media IBM SPSS Statistics 25 dengan rumus
Paired Sample T-Test menunjukkan angka signifikansi sebesar 0,001. Yang dimana
menurut rumusnya nya jika angka signifikansi > 0,5 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Hipotesis awal yang diberikan oleh peneliti ialah Ho tidak terdapat perbedaan antara
hasil belajar bahasa Arab secara online pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1
Yogyakarta dan Ha terdapat perbedaan antara hasil belajar bahasa Arab secara online
pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Dengan begitu maka jelas
bahwa hasilnya terdapat perbedaan antara hasil belajar bahasa Arab secara online pada
siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Penerapan pembelajaran online di sekolah ini sama halnya seperti sekolah-sekolah lain
yang menggunakan google classroom akan tetapi sekolah ini mempunyai e-learning
tersendiri untuk mengerjakan tugas-tugas penguatan pendidikan karakter yaitu MLC
(Muhi Learning Center).
Beberapa kelebihan dari pembelajaran online diantaranya: siswa merasa nyaman
dengan pembelajaran online tersebut dan merasa saat ini adalah alternative terbaik saat
pandemi, siswa juga merasa pembelajaran online adalah pembelajaran yang
menyenangkan, materi yang telah diberikan bisa diulang-ulang kembali dan lebih
mudah mencari referensi materi dari internet. Sedang beberapa kekurangan yang
didapat dari hasil penelitian diantaranya: pembelajaran online kurang produktif
dibandingkan pembelajaran tatap muka, guru kurang kreatif dalam memberikan materi
sehingga siswa kurang mengerti akan tetapi tugas yang diberikan selalu banyak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 02:43 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 02:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4241 |