ALIFIA RAHMA OKTAVIA (2023) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGATASI PERMASALAHAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 2 TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (846kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Bab I.pdf
Download (270kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media audio visual, mengevaluasi penerapan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang di hadapi guru saat pembelajaran Bahasa Arab di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, dan data penelitian di analisis menggunakan skala likert.Adapun latar belakang penulis mengambil judul ini adalah dikarenakan peneliti mendapatkan penemuan bahwasannya minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab masih kurang. Peneliti melihat bahwa faktor yang memicu rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah media pembelajaran yang kurang bervariasi dalam pembelajaran. Maka peneliti pun tertarik untuk meneliti penggunaan media audio visual dan mengatasi permasalahan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: minat belajar siswa meningkat ketika belajar menggunakan media audio visual. Perhitungan skala likert pada siklus pertama menunjukkan bahwa minat siswa memiliki rata-rata sebesar 61,93. Sedangkan pada siklus kedua menunjukkan bahwa minat siswa memiliki rata-rata sebesar 65,33. Minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab meningkat sebesar 3,4. Kelebihan dari proses pembelajaran menggunakan media audio visual adalah: siswa menjadi lebih semangat ketika belajar, siswa tidak cepat bosan ketika belajar dan siswa lebih mudah memahami materi Bahasa Arab. Menurut guru Bahasa arab di sekolah, salah satu faktor penghambat penggunaan media audio vsual adalah kurangnya fasilitas proyektor yang belum dimiliki sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Audio Visual Media, Student Interests, Learning Arabic |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:34 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42440 |