RAHMAT RAMADHAN (2023) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DIKELAS XI KEAGAMAAN MAN 1 SINJAI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (862kB)
Bab I.pdf
Download (290kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (534kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (909kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dalam belajar bahasa Arab dan upaya guru bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI Agama MAN 1 Sinjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari 32 responden, skor mengenai analisis minat belajar siswa 1.381 berada pada kategori tinggi atau jika dipersentasekan maka dihitung yaitu: 1.381 1.920 x 100% = 71,92% atau 0,7192. Jadi hasil kuesioner mengenai analisis minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dikelas XI Keagamaan MAN 1 Sinjai dengan jumlah 0,71 atau jumlah persentase 71,92% yang bisa dikatakan jumlah yang baik. Proses siswa untuk belajar bahasa Arab, selama melakukan observasi sampai dengan penelitian, para siswa menyimak dengan baik. Namun, sebagian siswa ada yang mengantuk akan tetapi pada saat guru mengajar, ia tidak lupa untuk memberikan beberapa motivasi dan beberapa humor kepada siswa, sehingga siswa tidak bosan selama pelajaran. Di kelas, guru mengajar, menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa sehingga siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Di akhir pelajaran, guru tidak lupa mengingatkan siswa untuk mempersiapkan pelajaran mereka minggu depan. Upaya guru untuk membangkitkan minat belajar siswa harus sinergi atau kerjasama yang baik dengan siswa. Jadi, yang penting adalah seberapa dekat guru dengan siswa, setidaknya tidak hanya di kelas, kita sering merangkul siswa kita untuk berkomunikasi dalam bahasa Arab. Setidaknya, dengan standarisasi bahasa Arab sehari-hari.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Learning Interest, Arabic Language |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:34 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42442 |