INAS HAIFA ADILA (2023) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK SLB ISLAM QOTHRUNNADA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB)
Bab I.pdf
Download (294kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka pada keterampilan membaca dan mengetahui kemampuan membaca teks bahasa Arab berbasis kurikulum merdeka bagi peserta didik SLB Islam Qothrunnada Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik tingkat SMP kelas 1-3 berjumlah 19 peserta didik dengan menggunakan purposive sampling yaitu dengan memilih peserta didik yang mampu membaca teks bahasa Arab sebanyak 12 peserta didik. Data diperoleh melalui observasi, penyebaran kuesioner, pemberian tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah kuesinoer tertutup dengan skala likert, tes bersifat lisan dan wawancara terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SLB Islam Qothrunnada peneliti mendapatkan hasil berdasarkan kuesioner dan tes. Hasil penelitian berbasis kuesioner untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka pada keterampilan membaca memperoleh skala presentase 72,5 persen dengan kategori baik dan hasil penelitian berbasis tes untuk mengetahui kemampuan membaca teks bahasa Arab berbasis kurikulum merdeka yang dibagi dalam 4 aspek menunjukkan bahwa dalam aspek pelafan kata memperoleh 53,3 persen dengan indikator cukup, aspek ketepatan huruf memperoleh 58,3 persen dengan indikator cukup, aspek ketepatan tanda baca memperoleh 81,6 persen dengan indikator baik, aspek menerjemahkan kosakata memperoleh 0 persen dengan indikator buruk.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Independent Curriculum, Reading Skills, Special School |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:27 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42453 |