ZIAULHAQ ALAUDIN (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Bab I.pdf
Download (632kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (664kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (641kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (705kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (442kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (362kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (770kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Aplikasi Teori Herzberg tentang kepuasan kerja pada pembelajaran siswa terhadap bahasa arab adalah bahwa tingkat kepuasan siswa dalam mempelajari bahasa arab dipengaruhi oleh dua faktor yaitu satisfiers dan dissatisfiers. Satisfiers mempunyai pengaruh memberikan motivasi untuk selanjutnya akan menciptakan kepuasan siswa dalam mempelajari bahasa arab dan memberikan output optimum. Sedangkan dissatisfiers memberikan efek negatif yaitu akan menciptakan ketidakpuasan siswa dalam mempelajari bahasa arab dan tentunya output yang tidak diharapkan. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah deskripsi faktorfaktor satisfiers dan dissatisfiers pada tingkat kepuasan siswa kelas XI sekolah menengah atas islam terpadu al-irsyad tahun ajaran 2022/2023 dalam mempelajari bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor satisfiers dan dissatisfiers pada tingkat kepuasan siswa kelas XI SMA IT Al-irsyad tahun ajaran 2022/2023 dalam mempelajari bahasa arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA IT AL-irsyad dengan ukuran populasi 70 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, kuisioner, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah metode interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan siswa dalam mempelajari bahasa arab dapat tercapai oleh faktor-faktor satisfiers. Ketidakpuasan siswa dalam mempelajari bahasa arab akan terjadi oleh kondisi dissatisfier. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa apabila kondisi satisfiers dapat tercapai, maka akan memberikan motivasi untuk mempelajari bahasa arab, sehingga dimungkinkan mampu menciptakan kepuasan siswa dalam mempelajari bahasa arab, yang akhirnya akan diperoleh pencapaian prestasi yang baik dalam mempelajari bahasa arab. Dengan diperoleh nilai 59% dari nilai rata-rata 67%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Satisfiers, Dissatisfiers, Satisfaction |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 06:52 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 06:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42549 |