SITI RAHMIANTI (2023) EFEKTIVITAS MEDIA MYSTERY BOX DALAM MEMPERKUAT DAYA INGAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMP TERPADU DARUSSALAM TASIKMALAYA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (861kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Bab I.pdf
Download (501kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (880kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (676kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (466kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (398kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh masih banyaknya sistem pembelajaran jadul/lama yang peneliti temui di SMP T Darussalam Tasikmalaya khususnya pembelajaran kosakata pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Banyak siswa yang mempelajari Bahasa Arab hanya sekedar mengikuti pembelajaran, akan tetapi tidak dengan pemahaman mereka yang tertinggal karena kendala sistem jadul tersebut. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa efektif Media Mystery Box yang peneliti bawa dalam pelajaran Bahasa Arab tepatnya untuk daya ingat kosakata siswa. Dan apakah ada perbedaan yang signifikan dari penelitian yang sebelumnya dengan penelitian yang peneliti jalankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP T Darussalam Tasikmalaya yang berjumlah 30 orang. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Uji Normalitas sebagaimana seluruh data terbukti normal. Menggunakan Uji Independent t-test untuk menguji hipotesis, dan data terbukti memiliki perbedaan yang signifikan. Penelitin yang dilaksanakan di SMP T Darussalam Tasikmalaya mendapatkan hasil yang signifikan, sebelum diterapkannya Media Mystery Box pada pembelajaran Bahasa Arab memiliki mean atau rata-rata dari keseluruhan sebesar 67,6 sedangkan untuk hasil belajar siswa setelah diterapkannya Media Mystery Box memiliki kenaikan mean atau rata-rata dari keseluruhan sebesar 82,3. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas VII SMP T Darusalam Tasikmalaya sebelum dan sesudah diterapkannya Media Mystery Box yang ditunjukkan oleh tabel independent t-test dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,00. Berdasarkan rumusan yang telah kita ketahui bahwa Jika nilai Sig (2 tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum diterapkannya media mystery box dan setelah diterapkannya media mystery box. Jika nilai Sig (2 tailed) > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum diterapkannya media mystery box dan setelah diterapkannya media mystery box.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mystery Box Media, Vocabulary learning, Memory |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 06:37 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 06:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42551 |