PEMBERIAN SANKSI TERHADAP KETIDAKDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI SE KECAMATAN TEMPEL

MUHAMMAD JURAIS (2018) PEMBERIAN SANKSI TERHADAP KETIDAKDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI SE KECAMATAN TEMPEL. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
03 halaman pengesahan.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
04 abstrak.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
05 BAB I.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
06 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
07 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
08 BAB IV BR .pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
09 BAB V dan daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
11 LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik di SD Negeri Se kecamatan Tempel. (2) Mengetahui bentuk-bentuk pemberian sanksi di SD Negeri Se kecamatan Tempel (3) Mengetahui teknik pelaksanaan pemberian sanksi yang diterapkan di SD Negeri se kecamatan Tempel. (4) Megetahui perubahan perilaku setelah dibrikan sanksi. Jenis penelitian yang penulis gunakan di sini adalah penelitian dengan metode kualitatif deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan dewan guru. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik menganalisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SD Negeri Se Kecamatan Tempel, ditemukan banyak bentuk-bentuk ketidakdisiplinan belajar siswa, di antaranya: terlambat datang sekolah, tidak mengikuti jam pelajaran, pencurian, terlibat perkelahian dalam lingkungan sekolah. Adapun teknik pelaksanaan pemberian sanksi dibagi menjadi tiga yakni teknik penanganan ketidakdisiplinan belajar siswa yang terjadi pada saat proses belajar mengajar, teknik penanganan ketidakdisiplinan belajar siswa yang teljadi di luar kelas dan tergolong kategori ringan, serta teknik penanganan ketidakdisiplinan belajar siswa yang terjadi di luar kelas dan tergolong jenis pelanggaran berat. Sedangkan perubahan perilaku siswa kelas V di SD Negeri Kecamatan Tempel setelah diterapkan pemberian sanksi terdapat 16 siswa telah menunjukkan perubahan perilaku yang Iebih baik dan lebih disiplin, hal ini dibuktikan dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi di SD Negeri Se Kecamatan Tempel.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Sanction, Learning Indiscipline, Students
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 23 Dec 2023 07:32
Last Modified: 23 Dec 2023 07:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43163

Actions (login required)

View Item
View Item