MUHAMMAD JURAIS (2018) PEMBERIAN SANKSI TERHADAP KETIDAKDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI SE KECAMATAN TEMPEL. S2 thesis, UNSPECIFIED.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
03 halaman pengesahan.pdf
Download (332kB)
04 abstrak.pdf
Download (719kB)
05 BAB I.pdf
Download (344kB)
06 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (700kB)
07 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
08 BAB IV BR .pdf
Restricted to Registered users only
Download (598kB)
09 BAB V dan daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (383kB)
11 LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik di SD Negeri Se kecamatan Tempel. (2) Mengetahui bentuk-bentuk pemberian sanksi di SD Negeri Se kecamatan Tempel (3) Mengetahui teknik pelaksanaan pemberian sanksi yang diterapkan di SD Negeri se kecamatan Tempel. (4) Megetahui perubahan perilaku setelah dibrikan sanksi. Jenis penelitian yang penulis gunakan di sini adalah penelitian dengan metode kualitatif deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan dewan guru. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik menganalisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SD Negeri Se Kecamatan Tempel, ditemukan banyak bentuk-bentuk ketidakdisiplinan belajar siswa, di antaranya: terlambat datang sekolah, tidak mengikuti jam pelajaran, pencurian, terlibat perkelahian dalam lingkungan sekolah. Adapun teknik pelaksanaan pemberian sanksi dibagi menjadi tiga yakni teknik penanganan ketidakdisiplinan belajar siswa yang terjadi pada saat proses belajar mengajar, teknik penanganan ketidakdisiplinan belajar siswa yang teljadi di luar kelas dan tergolong kategori ringan, serta teknik penanganan ketidakdisiplinan belajar siswa yang terjadi di luar kelas dan tergolong jenis pelanggaran berat. Sedangkan perubahan perilaku siswa kelas V di SD Negeri Kecamatan Tempel setelah diterapkan pemberian sanksi terdapat 16 siswa telah menunjukkan perubahan perilaku yang Iebih baik dan lebih disiplin, hal ini dibuktikan dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi di SD Negeri Se Kecamatan Tempel.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sanction, Learning Indiscipline, Students |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 23 Dec 2023 07:32 |
Last Modified: | 23 Dec 2023 07:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43163 |