JENAL A. NURFALAH (2018) KULTUR KEPEMIMPINAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.
2. HALAMAN JUDUL.pdf
Download (462kB)
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (457kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (110kB)
5. BAB I.pdf
Download (349kB)
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
7. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (722kB)
9. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
12. Jurnal Ilmiah Jenal A. Nurfalah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis kultur kepemimpinan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Yogyakarta; 2) Mendeskripsikan kultur kepemimpinan di Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Yogyakarta; 3) Mengetahui peran Kepala Sekolah dalam membangun kultur kepemimpinan Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Bausasran, SD Muhammadiyah Suronatan, SD Muhammadiyah Karangkejen I dan SD Muhammadiyah Kauman. Adapun para informan adalah kepala sekolah, mantan kepala sekolah dan guru senior. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan oleh penulis secara terus menerus bersamaan dengan pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Penulis melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu: 1) Kultur kepemimpinan adalah aspek nilai atau spirit, kebiasaan, dan harapan yang menjadi dasar kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinan di sekolah sehingga dari aspek tersebut mampu menggerakkan, memotivasi dan menginspirasi seluruh warga sekolah untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan; 2) Kultur kepemimpinan Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Yogyakarta terbagi ke dalam 3 indikator yaitu harapan kepemimpinan sekolah dasar Muhammadiyah, kebiasaan kepemimpinan sekolah dasar Muhammadiyah dan nilai-nilai atau spirit kepemimpinan sekolah dasar Muhammadiyah; 3) Setiap indikator pada kultur kepemimpinan Sekolah Dasar Muhammadiyah terbagi ke dalam 3 aspek yaitu bersifat spiritual, bersifat personal dan bersifat umum; 4) Peran Kepala Sekolah dalam membangun kultur kepemimpinan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Yogyakarta terbagi ke dalam 3 aspek yaitu memahami kondisi sekolah, mengembangkan kemampuan guru dan memecahkan konflik secara damai.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Culture, Leadership, Muhammadiyah Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 03:15 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 03:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43170 |