KULTUR KEPEMIMPINAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA

JENAL A. NURFALAH (2018) KULTUR KEPEMIMPINAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
4. ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
5. BAB I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
7. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
9. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
12. Jurnal Ilmiah Jenal A. Nurfalah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis kultur kepemimpinan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Yogyakarta; 2) Mendeskripsikan kultur kepemimpinan di Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Yogyakarta; 3) Mengetahui peran Kepala Sekolah dalam membangun kultur kepemimpinan Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Bausasran, SD Muhammadiyah Suronatan, SD Muhammadiyah Karangkejen I dan SD Muhammadiyah Kauman. Adapun para informan adalah kepala sekolah, mantan kepala sekolah dan guru senior. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan oleh penulis secara terus menerus bersamaan dengan pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Penulis melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu: 1) Kultur kepemimpinan adalah aspek nilai atau spirit, kebiasaan, dan harapan yang menjadi dasar kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinan di sekolah sehingga dari aspek tersebut mampu menggerakkan, memotivasi dan menginspirasi seluruh warga sekolah untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan; 2) Kultur kepemimpinan Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Yogyakarta terbagi ke dalam 3 indikator yaitu harapan kepemimpinan sekolah dasar Muhammadiyah, kebiasaan kepemimpinan sekolah dasar Muhammadiyah dan nilai-nilai atau spirit kepemimpinan sekolah dasar Muhammadiyah; 3) Setiap indikator pada kultur kepemimpinan Sekolah Dasar Muhammadiyah terbagi ke dalam 3 aspek yaitu bersifat spiritual, bersifat personal dan bersifat umum; 4) Peran Kepala Sekolah dalam membangun kultur kepemimpinan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Yogyakarta terbagi ke dalam 3 aspek yaitu memahami kondisi sekolah, mengembangkan kemampuan guru dan memecahkan konflik secara damai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Culture, Leadership, Muhammadiyah Elementary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Dec 2023 03:15
Last Modified: 26 Dec 2023 03:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43170

Actions (login required)

View Item
View Item