EVALUASI PENERAPAN TEKNIK-TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMP NEGERI DI KOTA PONTIANAK

MUHAMMAD FAISAL (2014) EVALUASI PENERAPAN TEKNIK-TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMP NEGERI DI KOTA PONTIANAK. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80MB)

Abstract

Penerapan teknik-teknik supervisi akademik yang tepat merupakan salah satu hal yang menentukan efektivitas pelaksanaan supervisi akademik para Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mencapai tujuan supervisi yang diharapkan. Tesis ini bennaksud mengevaluasi penerapan teknik-teknik supervisi akademik oleh Pengawas PAI pada SMP Negeri di Kota Pontianak pada tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dilatarbelakangi adanya pelaksanaan supervisi akademik Pengawas PAI SMP di Kota Pontianak yang masih dominan menggunakan teknik-teknik supervisi individual tertentu dan jarang sekali menerapkan teknik-teknik supervisi kelompok. Padahal ada banyak teknik-teknik supervisi individual maupun kelompok yang dapat diterapkan oleh Pengawas PAI SMP dalam pelaksanaan supervisi akademik. Jenis penelitian ini adalah deskriptifievaluatif dengan menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP), melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data secara participant observation, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Pengawas PA1 SMP di Kementerian Agama Kota Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek Context, teknik-teknik supervisi akademik yang diterapkan Pengawas PAI SMP di Kota Pontianak sesuai dengan problem-problem guru dalam pembelajaran PAI, yaitu mencakup problem dalam menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran. Juga sesuai dengan tujuan-tujuan supervisi akademik yang telah direncanakan di dalam program kepengawasan.
Pada aspek Input, menunjukkan bahwa dalam penerapan teknik-teknik supervisi akademik kapabilitas Pengawas PAI SMP sudah memadai dilihat dari kualifikasi dan kompetensinya. Kesiapan guru PAI SMP cukup siap untuk mendukung dan bekerjasama dengan Pengawas PAI dalam menerapkan berbagai teknik supervisi, namun kesiapan guru PAI sangat tergantung dari komunikasi Pengawas PAI sebelumnya. Kesiapan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMP tidak selalu siap untuk mendukung dan bekerjasama dengan Pengawas PAI dalam penerapan teknik-teknik supervisi kelompok. Ketersediaan sarana dan pembiayaan juga kurang mendukung bagi Pengawas PAI untuk menerapkan berbagai teknik supervisi, terutama teknik supervisi kelompok. Pada aspek Process, menunjukkan bahwa perencanaan penerapan teknik-teknik supervisi akademik Pengawas PAI SMP ada tercantum dalam program kerja kepengawasan, namun tidak begitu rinci. Proses penerapan teknik-teknik supervisi baik, di mana langkah-langkahnya sudah sesuai ketentuan dan kondisi yang ada. Evaluasi dan tindak lanjut ada dilaksanakan, namun masih kurang memadai, karena tidak didokumentasikan secara jelas dalam laporan hasil kepengawasan. Pada aspek Product, menunjukkan bahwa teknik-teknik supervisi yang diterapkan Pengawas PAI SMP cukup efektif membantu guru-guru PAI mengatasi problem-problem dalam menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Juga cukup efektif dalam mencapai tujuan-tujuan supervisi yang telah direncanakan di dalam program kepengawasan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Academic Supervisory Technique, Islamic Education Supervisor of Junior High School
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:00
Last Modified: 04 Jan 2024 03:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43193

Actions (login required)

View Item
View Item