ANDHIKA BINTANG PRASETYA (2011) EVALUASI SISTEM MANAJEMEN MUTU RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG TAHUN 2010. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (645kB)
ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (5MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Latar Belakang: Rumah sakit adalah suatu organisasi yang melalui tenaga medis profesional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanan kedokteran, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosis serta pengobatan penyakit yang diderita oleh pasien. Salah satu tantangan terbesar dalam pemberian pelayanan kesehatan di rumah sakit dewasa ini adalah terpenuhinya ekspektasi atau harapan masyarakat akan mutu dan kapasitas pelayanan rumah sakit. RS Roemani Muhammadiyah Semarang dalam hal memenuhi standar sistem manajemen mutu, akan berupaya untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001: 2008 yang juga efeknya akan lebih concern terhadap pelanggan.
Tujuan penelitian: Melakukan evaluasi sistem manajemen mutu yang terdapat di RS Roemani Muhammadiyah, apakah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen mutu dan sudah dapat diterapkan untuk memperoleh sertifikasi ISO 9001: 2008
Metode: Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan variabelnya berupa delapan prinsip sistem manajemen mutu yang juga terkandung dalam ISO 9001: 2008, dan dilakukan dengan metode pengumpulan data wawancara, telaah pustaka dan observasi.
Hasil: Analisis deskriptif menggambarkan bahwa delapan prinsip sistem manajemen mutu yang terkandung dalam ISO 9001: 2008 sudah dapat dipenuhi oleh RS Roemani Muhammdiyah Semarang walaupun masih terdapat beberapa kekurangan, tetapi dapat segera untuk diperbaiki. Saat ini RS Roemani Muhammadiyah sudah mencapai tahapan audit mutu internal yang berarti setengah dari perjalanan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001: 2008 sudah terlewati.
Kesimpulan dan saran: RS Roemani Muhammadiyah Semarang sudah mempersiapkan dengan matang untuk perbaikan sistem manajemen mutu, itulah yang memberi nilai lebih dalam mempercepat perolehan sertifikasi ISO 9001: 2008. Perlunya RS Roemani Muhammdiyah Semarang untuk menambahkan dan memperbaiki beberapa kekurangan dalam sistem manajemen mutunya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quality management system, evaluation, eight principles of quality management system, ISO 9001: 2008 |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 06:25 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 06:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43235 |