DAMPAK TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA YOGYAKARTA STUDI TENTANG: PT GOJEK INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KONSEP SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

ARIS MUNANDAR (2019) DAMPAK TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA YOGYAKARTA STUDI TENTANG: PT GOJEK INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KONSEP SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Transportasi merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia saat ini, terutama masyarakat Kota Yogyakarta dimana jenis transportasi paling diminati dan dipandang memberikan manfaat yang besar adalah transportasi online Gojek. Keberadaan Gojek di Kota Yogyakarta memberikan dampak bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak tersebut dengan menggunakan konsep sustainable development goals dengan pilar lingkungan, sosial, dan ekonomi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menganalisis hasil wawancara dari beberapa sumber untuk mendapatkan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa keberadaan Gojek di Kota Yogyakarta memberikan dampak lingkungan, sosial dan ekonomi. Pada dampak lingkungan menemukan bahwa Gojek merupakan salah satu transportasi yang berkelanjutan, peneliti menemukan bahwa volume kendaraan yang banyak berimbas pada kemacetan yang membuat Yogyakarta sebagai kota termacet ke-4 di Indonesia, namun tidak memberikan dampak signifikan terhadap polusi udara. Gojek telah berhasil menciptakan satu aturan yang membuat persebaran polusi cukup stabil. Selain faktor kebijakan dari Gojek, peran pemerintah Kota Yogyakarta juga menjadi faktor yang sangat besar. Dampak sosial menimbulkan konflik internal dan eksternal, sementara pada dampak ekonomi masyarakat merasa sangat terbantu. Analisis sustainable Gojek menemukan bahwa pada pandangan masa depan, Gojek bukanlah sebuah solusi untuk transportasi perkotaan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Impact, Online Transportation, Sustainable Development Goals
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:53
Last Modified: 09 Jan 2024 05:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43246

Actions (login required)

View Item
View Item