ERNAWATI (2014) STUDI QUASI EKSPERIMEN MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI UNJUK KERJA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI MAN GODEAN. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (400kB)
ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
BAB. I.pdf
Download (4MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (788kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (836kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan serta peningkatan motivasi dan kompetensi unjuk ketja peserta didik yang belajar dengan model penilaian portofolio dengan model penilaian konvensional dalam kegiatan pembelajaran Akuntansi kelas XI IPS di MAN Godean. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Sampel kelompok eksperimen sebanyak 34 peserta didik dan sampel kelompok kontrol sebanyak 33 peserta didik. Eksperimen berupa pembelajaran dengan model penilaian portofolio, dilaksanakan di MAN Godean Sleman. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik yang belajar dengan model penilaian portofolio dengan peserta didik yang belajar dengan model penilaian konvensional. Hasil uji beda motivasi dengan rumus T-tes memperlihatkan t-hitung 10,4620 > t-tabel 2,0000, ini berarti terdapat perbedaan perubahan motivasi antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen Peningkatan motivasi belajar peserta didik yang belajar dengan model penilaian portofolio lebih tinggi dibandingkan motivasi belajar peserta didik yang belajar dengan model penilaian konvensional. Mean kelompok eksperimen 30,0588 > mean kelompok kontrol 15,2727, ini berarti terdapat perubahan motivasi yang lebih besar pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Kedua, terdapat perbedaan kompetensi unjuk kena yang belajar den%51;ivrilit&IWi penikian portofolio dengan peserta didik yang belajar dengan model penilaian konvensional. Hasil uji beda kompetensi unjuk kerja dengan rumus T-tes menunjukkan t-hitung 11,8870 > t-tabel 2,0000, ini berarti terdapat perbedaan perubahan kompetensi unjuk kerja antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Peningkatan kompetensi unjuk kerja peserta didik yang belajar dengan model penilaian portofolio lebih tinggi dibandingkan kompetensi unjuk kerja peserta didik yang belajar dengan model penilaian konvensional. Mean kelompok eksperimen 11,5294 > mean kelompok kontrol 5,8788, ini berarti terdapat perubahan kompetensi unjuk kerja yang lebih besar pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : 1) ada perbedaan motivasi belajar dan kompetensi unjuk kerja peserta didik yang belajar dengan model penilaian portofolio dengan peserta didik yang belajar dengan model penilaian konvensional, 2) peserta didik yang belajar dengan model penilaian portofolio mengalami peningkatan rata-rata motivasi dan kompetensi unjuk kerja lebih tinggi dari pada peserta didik yang belajar dengan model penilaian konvensional dalam pembelajaran Akuntansi di kelas X1 MAN Godean.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Portofolio Assessment, Motivation, Competence to Perform |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:51 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43535 |