CATHERINE NANDA PRASELLYA (2024) PEMENUHAN HAK PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RS PRATAMA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
Bab I.pdf
Download (111kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (929kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan dan faktor-faktor penghambat pemenuhan hak peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan di RS Pratama Yogyakarta. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemenuhan hak peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan di RS Pratama Yogyakarta, dan apa saja faktor penghambat pemenuhan hak peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan di RS Pratama Yogykarta. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian hukum empiris, dengan mengkaji hal-hal yang terjadi dibalik penerapan peraturan perundang-undangan (something behind the law). Dari data primer yang diperoleh terdapat 17 (Tujuh Belas) peserta BPJS yang belum terpenuhi haknya oleh RS Pratama Yogyakarta pada komponen persyaratan, prosedur, waktu penyelesaian dan produk pelayanan, sedangkan pada komponen biaya/tarif dan pengaduan dan saran telah memenuhi hak peserta BPJS. Adapun hambatan RS Pratama Yogyakarta dalam memenuhi hak peserta BPJS yaitu prosedur pelayanan yang bertahap dan memakan waktu, kurangnya sumber daya manusia, kepesertaan BPJS, dan fasilitas kesehatan yang kurang memadai. Pemenuhan hak peserta BPJS belum menunjukan hasil yang maksimal dikarenakan faktor penghambat tesebut, sehingga belum semua hak peserta BPJS terpenuhi oleh RS Pratama Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fulfillment of Rights, BPJS Participants, Health Services |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 06:47 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 06:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43574 |