FAIDAH HERLINA (2024) EFEKTIVITAS FILM KARTUN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA KELAS VII MTS PONDOK PESANTREN PABELAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Bab I.pdf
Download (334kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (784kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon para siswa dalam pembelajaran bahasa arab melalui film kartun di kelas VII Mts Pondok Pesantren Pabelan dan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunkan media film kartun di kelas VII Mts Pondok Pesantren Pabelan. Penelitian dilakukan Bulan juli 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII berjumlah 44 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket (kuesioner), pretest, dan posttest. Penelitian ini menggunakan teknik analisis desktiptif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan dengan uji paired samples t-test. Berdasarkan hasil penelitian, respon siswa terhadap media pembelajaran Bahasa Arab dengan film kartun cukup baik. Siswa merasa pembelajaran Bahasa Arab dengan media film kartun lebih mudah dipahami. Gambar dan suara yang jelas dan menarik, membuat siswa tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran. Siswa berpendapat bahwa pembelajaran Bahasa Arab dengan media film kartun membantu siswa untuk berbicara Bahasa Arab dengan baik. Berdasarkan skor hasil penelitian, terjadi peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Arab siswa dilihat dari adanya peningkatan rata-rata skor pre test ke skor post test siswa. Rata-rata skor pre test siswa adalah sebesar 41,82 dan termasuk dalam kategori kurang. Namun setelah dilakukan pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media film kartun, rata-rata skor nilai siswa meningkat yaitu dengan rata-rata skor nilai post test sebesar 75,91 atau termasuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cartoons, speaking ability, Arabic |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:53 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43620 |