FEBRIANTY EKA PUTRI (2024) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI SLB TARUNA AL-QURAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (791kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB)
Bab I.pdf
Download (238kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (448kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan media audiovisual dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab anak berkebutuhan khusus (autisme) di SLB Taruna Al-Quran Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Subjek yang digunakan dalam peneltian ini adalah 7 orang siswa autisme kelas 5 SLB Taruna Al-Quran Yogyakarta. Subjek diberikan perlakuan dalam jumlah waktu tertentu, pengaruhnya diukur dari selisih yang diperoleh dari hasil pretest dan postest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes mengenai kosakata Bahasa Arab dan wawancara mengenai pembelajaran menggunakan media audiovisual dalam bentuk video. Teknik pengambilan data yang digunakan menggunakan Teknik purposive sampling dan analisis data yang digunakan menggunakan statistic deskriptif dan uji T berpasangan. Berdasarkan analisis deskriptif , dapat disimpulkan bahwa pada nilai minimum pretest siswa memiliki nilai 20, nilai maximum diperoleh 80, dan nilai mean diperoleh 51,4. Sedangkan untuk nilai pada posttest minimum siswa diperoleh 40, nilai maximum diperoleh 100, dan nilai mean 60. Dari data tersebut dapat disimpulkan terdapat kenaikan nilai siswa setelah mendapatkan treatment dengan melakukan kegiatan pembelajaran yang menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Paired sampel test, nilai T hitung adalah sebesar -1.441 dengan sig 0.02. Karena sig 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya rata-rata nilai sebelum dan sesudah dilakukannya media pembelajaran audiovisual terdapat perbedaan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa media audiovisual dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab anak autisme efektif di terapkan di SLB taruna Al-Quran Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arabic, Audiovisual, Autism |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Feb 2024 02:05 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 02:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43793 |