MOH ULIN NUHA (2014) PERBANDINGAN KEBERHASILAN METODE BIMBINGAN KELOMPOK DAN BIMBINGAN INDIVIDUAL DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AN-NUR BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (371kB)
ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (19MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (574kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (702kB)
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi sekaligus mendiskipsikan proses menghafal al-Qufan dengan metode bimbingan di Pondok Pesantren an-Nur Bantul Yogyakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat keberhasilan menghafal al-Qufan antara metode bimbingan kelompok dengan bimbingan individual di Pondok Pesantren an- Nur Bantul Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deslalptif kuantitatif. Pendekatan deskriptif dilakukan untuk menggambarkan beberapa proses kegiatan menghafal al-Quean dengan metode bimbingan yang dilakukan oleh managemen pondok pesantren An-Nur Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menyelidiki tentang kegiatan menghafal al-Qufan dengan metode bimbingan kelompok dan bimbingan individual yang dilakukan di pondok pesantren an-Nur Bantul Yogyakarta Populasi penelitian ini adalah santri-santri pondok pesantren an-Nur, Ngrukem, Bantul, Yogyakarta. Sampel metode menghafal dengan bimbingan kelompok diambil dari santri-santri pondok pesantren an-Nur yang menghafal juz 1 sampai dengan juz 5 sebanyak 30 orang santri. Sedangkan sampel metode menghafal al-Qufan bimbingan individual diambil dari pondok pesantren an-Nur yang menghafal al-Qufan dari juz 6 sampai dengan juz 10 sebanyak 30 santri. Teknik pengiunpulan data dengan empat cara, yaitu: dokumentasi, interview, observasi, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan kelompok lebih berhasil dalam menghafal al-Qufan dibandingkan dengan metode bimbingan individual di Pondok pesantren An-Nur Bantul Yogyakarta. Ada empat faktor yang menyebabkan hal ini, yaitu: semangat yang lebih besar, adanya koreksi secara bersama-sama, lebih cepat dan lebih efisien, motivasi yang bertambah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Memorizing the Quran, method of group guidance, method of individual guidance |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 09:41 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 09:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44184 |