PERBANDINGAN KEBERHASILAN METODE BIMBINGAN KELOMPOK DAN BIMBINGAN INDIVIDUAL DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AN-NUR BANTUL

MOH ULIN NUHA (2014) PERBANDINGAN KEBERHASILAN METODE BIMBINGAN KELOMPOK DAN BIMBINGAN INDIVIDUAL DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AN-NUR BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (19MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi sekaligus mendiskipsikan proses menghafal al-Qufan dengan metode bimbingan di Pondok Pesantren an-Nur Bantul Yogyakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat keberhasilan menghafal al-Qufan antara metode bimbingan kelompok dengan bimbingan individual di Pondok Pesantren an- Nur Bantul Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deslalptif kuantitatif. Pendekatan deskriptif dilakukan untuk menggambarkan beberapa proses kegiatan menghafal al-Quean dengan metode bimbingan yang dilakukan oleh managemen pondok pesantren An-Nur Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menyelidiki tentang kegiatan menghafal al-Qufan dengan metode bimbingan kelompok dan bimbingan individual yang dilakukan di pondok pesantren an-Nur Bantul Yogyakarta Populasi penelitian ini adalah santri-santri pondok pesantren an-Nur, Ngrukem, Bantul, Yogyakarta. Sampel metode menghafal dengan bimbingan kelompok diambil dari santri-santri pondok pesantren an-Nur yang menghafal juz 1 sampai dengan juz 5 sebanyak 30 orang santri. Sedangkan sampel metode menghafal al-Qufan bimbingan individual diambil dari pondok pesantren an-Nur yang menghafal al-Qufan dari juz 6 sampai dengan juz 10 sebanyak 30 santri. Teknik pengiunpulan data dengan empat cara, yaitu: dokumentasi, interview, observasi, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan kelompok lebih berhasil dalam menghafal al-Qufan dibandingkan dengan metode bimbingan individual di Pondok pesantren An-Nur Bantul Yogyakarta. Ada empat faktor yang menyebabkan hal ini, yaitu: semangat yang lebih besar, adanya koreksi secara bersama-sama, lebih cepat dan lebih efisien, motivasi yang bertambah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Memorizing the Quran, method of group guidance, method of individual guidance
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:41
Last Modified: 26 Jan 2024 09:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44184

Actions (login required)

View Item
View Item