JIHAN HAFIZAH (2024) EFEKTIVITAS METODE GMA (GHINA MUFRODAT ARABI) BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MRISI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (539kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Bab I.pdf
Download (217kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (329kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Peningkatan penguasaan hafalan kosakata Bahasa arab dengan metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) siswa (2) Untuk mengetahui efektivitas metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) dalam meningkatkan kosakata Bahasa Arab siswa (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) berbasis media audiovisual dalam meningkatkan hafalan kosakata Bahasa Arab Jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Adapun alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, lembar penilaian hasil, dan angket. Kemudian untuk menganalisis data digunakan uji validitas, uji relibitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji deskriptif dan uji T.Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa Metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) berbasis media audiovisual berpengaruh terhadap hafalan kosa kata siswa, (1) Guru mengetahui dengan jelas materi, memilih lagu yang familiar, guru mempraktekan bernyanyi terlebih dahulu, mendemokrasikan bersama-sama secara berulang, guru meminta siswa bernyanyi dan memberikan pertanyaan tentang materi (2) berdasarkan perhitungan uji-T terhadap hasil pretest dan posttest siswa dikelas kontrol dan eksperimen dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0.008 < 0,05 kelas kontrol dan nilai signifikasi (2-tailed) 0.001 < 0,05 dikelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Mrisi Yogyakarta. (3) 67% siswa menjawab tidak setuju pelajaran Bahasa arab sulit, 60% siswa menjawab tidak setuju metode pembelajaran membantu dalam menghafalkan kosa kata Bahasa arab,90% siswa menjawab setuju metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) membantu siswa dalam menghafal kosa kata, 77% siswa menjawab setuju metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) memudahkan menghafal kosa kata, 87,5% siswa menjawab setuju metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) membuat pelajaran lebih menyenangkan, 82,5% siswa menjawab setuju metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) membuat kosa kata Bahasa arab bertambah, 82,5% siswa menjawab setuju metode GMA (Ghina Mufrodat Arabi) efektif dalam pembelajaran kosa kata Bahasa arab. Kata kunci: GMA, Audiovisual, dan Kosa kata
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GMA, Audiovisual, and Vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:02 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44515 |