ASTRID CHOFIVAH (2024) PENGGUNAAN VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TARIKH ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (456kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab I.pdf
Download (207kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (412kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (416kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan video youtube, bagaimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan vide youtube, dan apakah terdapat pengaruh video youtube terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tarikh Islam.Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimen. Tempat penelitian di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dengan pengumpulan data dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 50 siswa. Subjek penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri dari satu kelas eksperimen X Tkro 1 dengan total 25 siswa dan satu kelas kontrol X Tpm 1 dengan total 25 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t independent dan uji t berpasangan. Proses pembelajaran menggunakan video youtube lebih efektif karena siswa lebih tertarik menyimak materi yang ditayangkan melalui video youtube. Dan hasil dari analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video youtube dalam pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa karena kelas eksperimen memperoleh rata-rata 54,08, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 38,12. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil observasi kelas eksperimen penggunaan video youtube lebih tinggi dibandingkan kelas konvensional yang tidak menggunakan video youtube.Dari hasil data uji one sample t-test hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan video youtube dalam pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa.Sesuai dengan hasil N-Gain kelas eksperimen dan kontrol rata-rata persentase N-Gain kelas X TKRO 1 sebagai eksperimen yaitu 57,9097
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | YouTube, Learning Process, Learning Motivation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 22 May 2024 07:47 |
Last Modified: | 22 May 2024 07:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44874 |