ROSTANURA AJI (2024) EFEKTIFITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB ANGKATAN 2022/2023). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (721kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB)
Bab I.pdf
Download (178kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode langsung dalam pembelajaran di prodi pendidikan bahasa arab. Dan tujuan kedua untuk mengetahui efektivitas metode langsung dalam pembelajaran di prodi pendidikan bahasa arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 atau angkatan 2022/2023, adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester 3 yang berjumlah 50 orang. Teknik analilisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik kuantitatif deskriptif. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data kemudian hasil olahannya yaitu berupa angka dikembangkan lagi menggunakan deskriptif. 1. Pelaksanaan pembelajaran di prodi pendidikan bahasa arab pada mahasiswa angkatan 2022/2023 sama dengan pembelajaran mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab lainnya dimana penggunaan bahasa arab sebagai bahasa pengantar pembelajaran. 2. Banyak mahasiswa yang masih kurang dalam berbahasa arab dengan baik. 3. Dari segi keefektifan pembelajaran menggunakan metode langsung berada di level cukup, motivasi belajar mahasiswa di dalam level baik. Adapun presentase yang mendapatkan nilai sangat setuju paling tinggi berada di angka 44% dari pernyataan pembelajaran menggunakan bahasa arab memotivasi saya untuk belajar bahasa arab. Dan presentase yang mendapatkan nilai sangat tidak setuju paling tinggi berada di angka 24% dari pernyataan saya menggunakan bahasa arab
diluar kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | direct method, arabic language, arabic language learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:27 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45558 |