PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN BELAJARMAHARAH QIRAAH BAHASA ARAB MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

SOPIAH NADIRA KHAIRUNNISA (2024) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN BELAJARMAHARAH QIRAAH BAHASA ARAB MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kesiapan belajar keterampilan membaca bahasa Arab mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yokyakarta. Para mahasiswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam mempelajari bahasa Arab, fenomena ini menunjukkan bahwa lulusan pesantren atau sekolah pada umumnya mampu berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran. Namun mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan dari pesantren lebih mudah mengikuti pembelajaran bahasa Arab dibandingkan dengan siswa yang berlatar belakang pendidikan dari sekolah negeri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah latar belakang pendidikan mahasiswa bahasa Arab berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa Arabnya di Universitas Muhammadiyah Yokyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal-komparatif. Penelitian jenis ini bertujuan untuk menarik kesimpulan tentang ada atau tidaknya hubungan sebab-akibat diantara variabel yang diteliti. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling yaitu sebanyak 43 sampel. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic dengan analisis regresi linier sederhana, dan hasilnya diperoleh nilai sig. 0.000 atau sig.kurang dari 0.05. hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap kesiapan belajar maharah qiraah mahasiswa pendidikan bahasa arab.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: educational background, learning readiness, reading ability
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:23
Last Modified: 03 Jun 2024 04:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45748

Actions (login required)

View Item
View Item