SOPIAH NADIRA KHAIRUNNISA (2024) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN BELAJARMAHARAH QIRAAH BAHASA ARAB MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (512kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (598kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (965kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kesiapan belajar keterampilan membaca bahasa Arab mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yokyakarta. Para mahasiswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam mempelajari bahasa Arab, fenomena ini menunjukkan bahwa lulusan pesantren atau sekolah pada umumnya mampu berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran. Namun mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan dari pesantren lebih mudah mengikuti pembelajaran bahasa Arab dibandingkan dengan siswa yang berlatar belakang pendidikan dari sekolah negeri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah latar belakang pendidikan mahasiswa bahasa Arab berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa Arabnya di Universitas Muhammadiyah Yokyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal-komparatif. Penelitian jenis ini bertujuan untuk menarik kesimpulan tentang ada atau tidaknya hubungan sebab-akibat diantara variabel yang diteliti. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling yaitu sebanyak 43 sampel. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic dengan analisis regresi linier sederhana, dan hasilnya diperoleh nilai sig. 0.000 atau sig.kurang dari 0.05. hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap kesiapan belajar maharah qiraah mahasiswa pendidikan bahasa arab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | educational background, learning readiness, reading ability |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 04:23 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 04:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45748 |