WAHYU HIDAYANTI (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (654kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (679kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (343kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (586kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (569kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (742kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan keefektifan metode Reciprocal Teaching dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa. Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana penerapan metode Reciprocal Teaching dalam pembelajaran bahasa arab dan bagaimana efektivitas metode Reciprocal Teaching dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif (pra-eksperimen) dengan desain penelitian satu kelompok Pretest-Posttest (The one group Pretest-Posttest Design) yang hanya melibatkan satu kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian penerapan metode reciprocal teaching di kelas VII B dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan adanya kenaikan yang signifikan. Analisis hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) skor rata-rata hasil pretest siswa adalah 26,29 dan berada pada kategori rendah dengan standar deviasi 7,41%. Sedangkan skor rata-rata posttest siswa adalah 84,81% dengan standar deviasi 5,79% dimana skor terendah adalah 70 dan skor tertinggi adalah 90. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 25 orang siswa atau 92,59% mecapai ketuntasan individu. Ini berarti ketuntasan klasikal tercapai dengan berada pada kategori tinggi. (2) aktivitas siswa berada pada kategori baik. (3) angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran melalui metode Reciprocal Teaching positif. (4) Kemampuan guru dala mengelola pembelajaran dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat mengalami peningkatan, dan berada pada kategori terlaksana dengan baik dengan skor 3,76%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Learning Outcomes, Reciprocal Teaching Method |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 04:15 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 04:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45754 |