ANNIDA SAFHIRA FATUNNISA (2024) MICROBLOG INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (798kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (445kB)
Bab I.pdf
Download (303kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Media pembelajaran bahasa Arab kini semakin mengalami perkembangan menyesuaikan dengan revolusi teknologi yang semakin canggih. Ketika adanya pandemi covid-19 beberapa tahun kebelakang terjadi pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh, sehingga berbagai media yang dapat membantu pembelajaran jarak jauh mulai bermunculan. Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan adalah media sosial instagram. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti salah satu inovasi media pembelajaran bahasa Arab melalui instagram yaitu berbentuk microblog. Ada dua sumber data dalam penelitian ini, pertama data primer yaitu postingan microblog pada masing-masing akun instagram yang menjadi subjek penelitian, dan data sekunder berasal dari artikel atau bahan bacaan terkait. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui postingan berbentuk microblog pada instagram, pembelajaran bahasa Arab diyakini akan menjadi lebih menarik dan simple karena materi yang ditayangkan lebih sederhana. Desain visual pada microblog instagram juga lebih kreatif dan inovatif, baik dari segi warna, teks, serta gambar pelengkap. Adapun kelebihan dan kekurangan pada penggunaan microblog sebagi media pembelajaran yaitu aksebilitas, visualisasi materi, keterlibatan aktif, fleksibilitas format, kemudahan berbagi konten, interaksi antar siswa, penggunaan hastag, dan keterlibatan komunitas. Adapun kekurangannya yaitu keterbatasan ruang, kurangnya interaktivitas, kurangnya fokus pada pembelajaran, kurangnya pemantauan dan evaluasi. Penggunaan fitur instagram sangat membantu pembelajaran bahasa Arab sebagaimana dalam contoh postingan microblog dari akun instagram (1) @nahwu_pedia, (2) @kursus_arab _alazhar, (3) @bahasa.arabku, (4) arabiyahtalks, (5) muhibbul_arabiyah (6) rifyalmo
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Microblog, Instagram, Learning Media, Arabic Language |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 09:28 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 09:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45780 |