DIPIM PRATAMI (2024) ANALISIS KEBUTUHAN GURU BAHASA ARAB SEKOLAH MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (785kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Bab I.pdf
Download (247kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persentase latar belakang pendidikan guru bahasa Arab sekolah Muhammadiyah Se-kota Yogyakarta dengan menghitung persentase antara lulusan pendidikan bahasa arab dan non pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi yaitu berupa data guru bahasa Arab Se-kota Yogyakarta dan dihitung menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan terdapat 186 guru bahasa Arab Se-Kota yogyakarta dari setiap jenjang pendidikan. Sebagian besar dari guru tersebut belum memiliki latar belakang pendidikan bahasa Arab. Data setiap jenjang sekolah di antaranya terdapat 74 guru di SLTA dengan persentase lulusan jurusan PBA hanya 7persen dengan total 5 guru , 50 guru di SLTP dengan jumlah persentase 4persen dengan total 2 guru , dan pada SD terdapat 62 guru dengan jumlah persentase hanya 10persen dengan total 6 guru serta nilai persentase keseluruhan guru yang berlatar belakang pendidikan bahasa Arab hanya berjumlah 7persen yang berlatar belakang Pendidikan Bahasa Arab. Sehingga dari hasil perhitungan persentase diketahui masih banyak sekolah-sekolah muhammadiyah kota yogyakarta yang belum memiliki guru berlatar belakang pendidikan bahasa arab, sehingga sekolah muhammadiyah kota yogyakarta masih membutuhkan pengajar bahasa arab yang lulusan PBA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Needs, Educational Background, Arabic Language Teacher |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 09:28 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 09:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45783 |