MUHAMMAD SEPTA AJI (2024) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SD MUHAMMADIYAH KELAS VIKOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN MODEL RASCH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (514kB)
Bab I.pdf
Download (383kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab merupakan pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing, dimana perlu dilakukannya evaluasi untuk mengukur kemampuan penguasaan bahasa siswa. Salah satu bentuk evalusi yang digunakan oleh Lembaga pendidikan adalah tes, karena tes yang baik dapat mengukur kemampuan yang dimiliki siswa secara akurat. Tes dapat diketahui kualitasnya dengan cara di analisis, analisis yang dilakukan dapat dilihat dari beberapa variabel, taraf kesukaran butir soal menjadi salah satu variable yang dapat digunakan untuk menganalisis tes pada butir soal. Soal dapat dikatakan baik apabila soal tersebut tidak terlalu sukar dan tidak teralu mudah, soal harus dibut sesuai dengan jenjang kemampuan yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas butir soal Ujian Sekolah mata Pelajaran bahasa Arab sekolah dasar ???????? kelas VI Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan model RASCH. Penelitian ini mengumpulkan data dengan dokumentasi berupa butir soal, jawaban siswa, dan kunci jawaban untuk di analisis menggunakan software R. Penelitian ini membatasi dengan menggunakan Metode IRT one parameter logistic model (1PL) atau model RASCH, karena untuk efesiensi waktu dan penelitian ini hanya difokuskan di Sekolah Dasar Muhammadiya Kota Yogyakarta. Hasil penelitian analisis butir soal ujian sekolah mata pelajaran Bahsa Arab SD Muhammadiyah kelas VI Kota Yogyakarta Tahun Ajar 2020/2021 diperoleh data sebanyak 278 dengan 40 butir soal. Terdapat 31 butir soal (77,5%) masuk dalam kategori sedang, 7 butir soal (17,5%) masuk dalam kategori mudah, dan 2 butir soal (5%) masuk kategori sangat mudah. Dengan demikian kriteria butir soal tersebut baik dengan tingkat kesukaran butir soal yang sedang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arabic Language, RASCH Model, R Software, Evaluation |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 06:51 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 06:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45820 |