PENGARUH METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA

NOVA ELISA PUTRI (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI SMA ISLAM AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada siswa kelas x di SMA Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta. Permasalahan yang ditemukan bahwa keterlibatan siswa masih kurang terhadap pembelajaran, dalam hal ini pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa masih terlihat pasif. Pemilihan metode yang monoton mudah menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh selama kegiatan pembelajaran. Maka peneliti memiliki ketertarikan untuk melakukan penelitian terkait pengaruh metode pembelajaran numbered heads together terhadap penguasaan kosakata.Tujuan peneliti mengangkat topik ini ialah untuk mengetahui apakah penggunaan metode nht berpengaruh terhadap hasil belajar siswa akan penguasaan kosakata yang telah siswa pelajari. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen untuk mencari pengaruh perlakuan (treatment) tertentu. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas, homogenitas dan uji dua sampel tidak berpasangan. Hasil rata-rata dari nilai post test kelas kontrol yaitu sebesar 69,6216, sedangkan kelas eksperimen sebesar 83,7297. Setelah data terbukti berdistribusi dengan normal dan homogen, peneliti melakukan uji t. Hasil uji independent sampel T-test menunjukkan bahwa nilai sig. 2-tailed sebesar 0,001. Maka disimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti adanya pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran numbered heads together terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas x di SMA Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: influence, learning methods, numbered heads together, vocabulary
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:39
Last Modified: 04 Jun 2024 06:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45836

Actions (login required)

View Item
View Item