PENGARUH UNSUR COGNITIVE LOAD DAN ENGAGEMENTTERHADAP JUMLAH VIEWER VIDEO PEMBELAJARAN AGAMA DIYOUTUBE

RIZKY ANNISSA (2024) PENGARUH UNSUR COGNITIVE LOAD DAN ENGAGEMENTTERHADAP JUMLAH VIEWER VIDEO PEMBELAJARAN AGAMA DIYOUTUBE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di era digital saat ini, video pembelajaran telah menjadi alat pendidikan yang sangat penting dan mudah diakses oleh orang-orang di seluruh dunia, sehingga menawarkan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada YouTube, sebuah platform terdepan untuk video pembelajaran, mengeksplorasi pengaruh beban kognitif dan keterlibatan penonton terhadap popularitas video pembelajaran agama. Beban kognitif merujuk pada usaha mental yang diperlukan untuk memproses informasi, sementara keterlibatan penonton berkaitan dengan seberapa jauh penonton terlibat dengan video tersebut. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa beban kognitif yang rendah dan keterlibatan penonton yang tinggi berkontribusi secara signifikan terhadap jumlah tontonan video pembelajaran di YouTube.Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan kuesioner sebagain instrumenpengumpulan datanya dan menganalisis hasilnya melalui Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan SmartPLS, hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua unsur tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap popularitas video pembelajaran agama di YouTube. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya mempertimbangkan aspek-aspek desain video yang dapat meminimalkan beban kognitif dan meningkatkan keterlibatan penonton untuk menciptakan konten pembelajaran yang lebih efektif dan populer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cognitive load, engagement, educational video, youtube views
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:39
Last Modified: 04 Jun 2024 02:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45928

Actions (login required)

View Item
View Item