RIZKY ANNISSA (2024) PENGARUH UNSUR COGNITIVE LOAD DAN ENGAGEMENTTERHADAP JUMLAH VIEWER VIDEO PEMBELAJARAN AGAMA DIYOUTUBE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (733kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
Bab I.pdf
Download (13kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Di era digital saat ini, video pembelajaran telah menjadi alat pendidikan yang sangat penting dan mudah diakses oleh orang-orang di seluruh dunia, sehingga menawarkan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada YouTube, sebuah platform terdepan untuk video pembelajaran, mengeksplorasi pengaruh beban kognitif dan keterlibatan penonton terhadap popularitas video pembelajaran agama. Beban kognitif merujuk pada usaha mental yang diperlukan untuk memproses informasi, sementara keterlibatan penonton berkaitan dengan seberapa jauh penonton terlibat dengan video tersebut. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa beban kognitif yang rendah dan keterlibatan penonton yang tinggi berkontribusi secara signifikan terhadap jumlah tontonan video pembelajaran di YouTube.Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan kuesioner sebagain instrumenpengumpulan datanya dan menganalisis hasilnya melalui Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan SmartPLS, hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua unsur tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap popularitas video pembelajaran agama di YouTube. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya mempertimbangkan aspek-aspek desain video yang dapat meminimalkan beban kognitif dan meningkatkan keterlibatan penonton untuk menciptakan konten pembelajaran yang lebih efektif dan populer.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cognitive load, engagement, educational video, youtube views |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:39 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45928 |