RIZKY ANNISSA (2024) PENGARUH UNSUR COGNITIVE LOAD DAN ENGAGEMENTTERHADAP JUMLAH VIEWER VIDEO PEMBELAJARAN AGAMA DIYOUTUBE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (733kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di era digital saat ini, video pembelajaran telah menjadi alat pendidikan yang sangat penting dan mudah diakses oleh orang-orang di seluruh dunia, sehingga menawarkan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada YouTube, sebuah platform terdepan untuk video pembelajaran, mengeksplorasi pengaruh beban kognitif dan keterlibatan penonton terhadap popularitas video pembelajaran agama. Beban kognitif merujuk pada usaha mental yang diperlukan untuk memproses informasi, sementara keterlibatan penonton berkaitan dengan seberapa jauh penonton terlibat dengan video tersebut. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa beban kognitif yang rendah dan keterlibatan penonton yang tinggi berkontribusi secara signifikan terhadap jumlah tontonan video pembelajaran di YouTube.Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan kuesioner sebagain instrumenpengumpulan datanya dan menganalisis hasilnya melalui Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan SmartPLS, hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua unsur tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap popularitas video pembelajaran agama di YouTube. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya mempertimbangkan aspek-aspek desain video yang dapat meminimalkan beban kognitif dan meningkatkan keterlibatan penonton untuk menciptakan konten pembelajaran yang lebih efektif dan populer.
Dosen Pembimbing: | Dwijoko Purbohadi, Dr., S.T., MT. and Asep Setiawan, S.Th.I.,M.Ud | NIDN0502026801, NIDN0516058701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | cognitive load, engagement, educational video, youtube views |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:39 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |