MUHAMMAD FAJAR SATRIA (2024) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FRONT-END WEBSITE PROMOSI UMKM CAP MAWAR DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM WIX. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran signifikan dalam perekonomian Indonesia, menceriminkan keberagaman produk lokal dan budaya serta berperan sebagai penopang lapangan kerja. Namun, UMKM termasuk usaha emping melinjo kerap kali menghadapi tantangan dalam mempromosikan produk secara efisien dan menjangkau pasar yang lebih luas. UMKM Emping Melinjo Cap Mawar, dengan kearifan lokal dan cerita warisa, telah menjadi pusat komunitas petani melinjo yang berkontribusi pada perekonomian lokal. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM Emping Melinjo Cap Mawar beradaptasi dengan tren konsumen yang berubah, khususnya beralih ke belanja online dengan membangun website promosi unuk memperluas pasar bisnis serta atensi pelanggan baru.Metode penelitian yang digunakan meliputi (a) analisis kebutuhan pengguna melalui wawancara, (b) membuat data clustering analysis, (c) membuat information architecture, (d) membuat wireframe, (e) membuat visual design, (f) melakukan implementasi menggunakan WIX. Peneliti melakukan tiga tahapan pengujian yaitu (a) pengujian kinerja website, (b) pengujian kompabilitas layar website, dan (c) pengujian ketersesuaian konten website. Hasilpengujian menunjukkan bahwa website promosi yang dirancang telah berhasil memenuhi kebutuhan informasi dan preferensi pengguna serta memberikan pengalaman yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat membantu UMKM Emping Melinjo Cap Mawar dalam mempromosikan produknya secara online.
Dosen Pembimbing: | Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0503068601, NIDN0518048401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | promotional website, UI/UX design, MSME, emping melinjo |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:30 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |