PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FRONT-END WEBSITE PROMOSI UMKM CAP MAWAR DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM WIX

MUHAMMAD FAJAR SATRIA (2024) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FRONT-END WEBSITE PROMOSI UMKM CAP MAWAR DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM WIX. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran signifikan dalam perekonomian Indonesia, menceriminkan keberagaman produk lokal dan budaya serta berperan sebagai penopang lapangan kerja. Namun, UMKM termasuk usaha emping melinjo kerap kali menghadapi tantangan dalam mempromosikan produk secara efisien dan menjangkau pasar yang lebih luas. UMKM Emping Melinjo Cap Mawar, dengan kearifan lokal dan cerita warisa, telah menjadi pusat komunitas petani melinjo yang berkontribusi pada perekonomian lokal. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM Emping Melinjo Cap Mawar beradaptasi dengan tren konsumen yang berubah, khususnya beralih ke belanja online dengan membangun website promosi unuk memperluas pasar bisnis serta atensi pelanggan baru.Metode penelitian yang digunakan meliputi (a) analisis kebutuhan pengguna melalui wawancara, (b) membuat data clustering analysis, (c) membuat information architecture, (d) membuat wireframe, (e) membuat visual design, (f) melakukan implementasi menggunakan WIX. Peneliti melakukan tiga tahapan pengujian yaitu (a) pengujian kinerja website, (b) pengujian kompabilitas layar website, dan (c) pengujian ketersesuaian konten website. Hasilpengujian menunjukkan bahwa website promosi yang dirancang telah berhasil memenuhi kebutuhan informasi dan preferensi pengguna serta memberikan pengalaman yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat membantu UMKM Emping Melinjo Cap Mawar dalam mempromosikan produknya secara online.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: promotional website, UI/UX design, MSME, emping melinjo
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:30
Last Modified: 05 Jun 2024 07:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46124

Actions (login required)

View Item
View Item