ANWAR SANUSI (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI GURU DAN SISWA DI KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 1. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (460kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Bab I.pdf
Download (268kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (491kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab memiliki peran penting dalam meningkatkan penguasaan bahasa asing dan pemahaman Al-Qur'an dan hadits. Namun demikian, banyak guru yang mengalami kesulitan dalam membantu siswa memahami materi pembelajaran bahasa Arab, khususnya di Kelas 5 SD Muhammadiyah Ambarawan Gamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 5 SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 meliputi kesulitan dalam pengucapan kosa kata bahasa Arab, membaca, dan memahami arti kosa kata. Selain itu, penyampaian materi dari pendidik juga menjadi kendala dalam proses pembelajaran.Untuk mengatasi problematika yang dihadapi yaitu membuat ruang lingkup pembelajaran yang sesuai dengan level pemahaman siswa, dan meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Mengevaluasi kinerja pendidik dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan sumbangsih dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di kelas 5 SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab pada umumnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problematics, learning, Arabic language |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:28 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46594 |