ELFINA MUKARRAMAH (2024) STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MEMELIHARA CITRA POSITIF PEMERINTAH KABUPATEN BALANGAN TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (886kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab I.pdf
Download (545kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (843kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
E-Government merujuk pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola pemerintahan guna meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan layanan publik. Salah satu bagian dari E-Government ini adalah kegiatan Cyber Public Relations yang dilakukan oleh Praktisi Public Relations Kabupaten Balangan dengan memanfaatkan Cyber Public Relations melalui youtube dan instagram sebagai alat komunikasi dan informasi antara pemerintah dan masyarakat. Hal ini menunjukkan kekhasan Praktisi Public Relations Kabupaten Balangan dalam penggunaan teknologi informasi dalam instansi pemerintah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana Strategi Cyber Public Relations Kabupaten Balangan dalam memelihara citra positif Pemerintah Kabupaten Balangan. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan paradigma post-positivistik, Uji validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik analisis datanya melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu praktisi Public Relations Kabupaten Balangan dinilai efektif dalam mengimplementasikan Strategi Cyber Public Relations dengan memanfaatkan youtube resmi pemerintah daerah dan media sosial instagram. Keberhasilan ditandai dengan Praktisi Public Relations Kabupaten Balangan yang selalu memberikan respon cepat terkait adanya aduan dari masyarakat dan melakukan kebijakan transparansi informasi yang berkaitan dengan Pemerintah Kabupaten Balangan. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu peneliti hanya mampu menjawab fenomena terkait Strategi Cyber Public Relations Dalam Memelihara Citra Positif Pemerintah Kabupaten Balangan Tahun 2022 dan tidak mampu menjawab fenomena Strategi Cyber Public Relations pada instansi yang lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyber Public Relations, Positive Image, Balangan Regency Government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 07:46 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 07:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46892 |