PERAN "TIM MEDIA CREATIVE REAL MASJID 2.0" DALAM BERDAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM)

ARIE WULANDARI (2024) PERAN "TIM MEDIA CREATIVE REAL MASJID 2.0" DALAM BERDAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media sosial memiliki peran penting dalam aktivitas organisasi termasuk pada aktivitas dakwah. Organisasi sosial keagamaan saat ini juga memanfaatkan media sosial dalam mengenalkan dakwah kepada para jamaah. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran media creative dalam aktivitas dakwah di masjid Real Masjid 2.0 dan apa saja faktor yang memengaruhi dalam melaksanakan aktivitas dakwah melalui tim media creative Real Masjid 2.0. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh mengenai peran media creative dan aktivitas dakwah di Real Masjid 2.0. adapun subjek dalam penelitian ini adalah ketua marbot/ founder Real Masjid 2.0 dan ketua tim media creative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Real Masjid 2.0 menjalani aktivitas dakwah nya dengan menerapkan fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Adapun media creative Real Masjid 2.0 memiliki peran untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan media sosial yaitu instagram (realmasjid.official), tiktok (Real Masjid 2.0) dan youtube (Real Masjid 2.0) sebagai sarana untuk mensyiarkan program dan aktivitas dakwah di Real Masjid 2.0 yang memiliki sasaran target kaum muda. Sarana dan prasarana, SDM yang berkompetensi dan adanya dukungan dari ketua (amir) merupakan Faktor yang memengaruhi dalam melaksanakan aktivitas dakwah melalui tim media creative di Real Masjid 2.0.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Media, Instagram, Creative Media Team, Real Mosque 2.0
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 27 Jul 2024 03:37
Last Modified: 27 Jul 2024 03:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47154

Actions (login required)

View Item
View Item