AHMAD AZZAM DHIAULHAQ (2024) ANALISIS PENGARUH LOMBA BACA PUISI ARAB TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB BAGI PESERTA PENUTUR NONARAB DI TINGKAT UNIVERSITAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (587kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Bab I.pdf
Download (217kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (581kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Lomba baca puisi Arab merupakan kegiatan tahunan di beberapa universitas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Arab di kalangan mahasiswa. Meskipun demikian, pembelajaran bahasa Arab sering kali menghadapi sejumlah problematika, termasuk kurangnya motivasi belajar, metode pembelajaran yang kurang efisien, kurangnya minat dalam kompetisi bahasa Arab, dan kesulitan dalam maharah kalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana lomba baca puisi Arab dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Miles and Huberman, dengan pengolahan data dilakukan melalui teknik TCR. Responden penelitian terdiri dari mahasiswa yang mengikuti lomba baca puisi Arab di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lomba baca puisi Arab secara signifikan meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab di kalangan mahasiswa. Hal ini didukung oleh temuan bahwa partisipasi aktif dalam kegiatan kompetisi bahasa Arab mampu membangkitkan minat dan semangat dalam pembelajaran bahasa, serta memberikan pengalaman langsung dalam penggunaan bahasa Arab secara kontekstual. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan metode pembelajaran bahasa Arab di lingkungan pendidikan tinggi, dengan menekankan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler seperti lomba baca puisi untuk memperkuat motivasi belajar dan keterampilan berbahasa Arab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arabic poetry competitions, Arabic learning motivation, Arabic language skills |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:20 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47367 |