ZARQI FATHI HARITS (2024) PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIROAH BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH 1 GODEAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (707kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Bab I.pdf
Download (158kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Kemahiran membaca bertujuan agar siswa dalam mempelajari bahasa Arab mampu membaca dengan fasih sesuai dengan makharijul huruf, harakat, dan kaidah bahasa Arab, kemahiran membaca ini menjadi suatu masalah dalam pembelajaran bahasa Arab bagi kebanyakan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran maharah qiraah Bahasa Arab. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data secara diskriptif kualitatif. Pada penelitian kualitatif, semakin mendalam teliti, dan tergali suatu data yang didapatkan, maka bisa diartikan pula bahwa semakin baik kualitas penelitian tersebut. Teknik analisis data dimulai dari observasi, pengumpulan seluruh hasil data wawancara kemudian dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran maharah qiraah di kelas 7 SMP Muhammadiyah 1 Godean terdapat beberapa problematika yang dihadapi siswa yaitu kesulitan dalam membedakan huruf arab, kemampuan membaca yang rendah, kurangnya motivasi dan minat siswa, kurangnya sumber pembelajaran, metode pembelajaran yang tidak variatif, dan latar belakang guru yang tidak sesuai. Dengan demikian, upaya yang perlu diperhatikan guru adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang menarik, sehingga motivasi dan minat dalam pembelajaran maharah qiraah siswa di sekolah dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematics, Maharah Qiraah, Arabic |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:17 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47370 |