MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENYANDANG TUNANETRA : STUDI LITERATUR

FADHILA FITRI RABBANY ANDARI (2024) MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENYANDANG TUNANETRA : STUDI LITERATUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Siswa tunanetra membutuhkan media pembelajaran yang tepat untuk belajar. Faktanya, media yang ada sangat terbatas sehingga mereka mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab. Oleh karena itu, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji berbagai media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh siswa tunanetra, serta menganalisis kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah content analysis atau analisis konten, yang mana metode penelitian ini diartikan sebagai metode yang meliputi semua analisis mengenai isi teks atau suatu teknik untuk mengambil kesimpulan dengan mengidentifikasi berbagai karakteristik suatu pesan secara objektif, sistematis, dan generalis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh siswa tunanetra yaitu Braille, flashcard Braille, papan bacaan Braille, audio interaktif, audiobook, dan smartbook hijaiyah. Media-media ini memiliki kelebihan serta kekurangan, berikut adalah kelebihannya yaitu meningkatnya motivasi siswa tunanetra dalam pembelajaran bahasa arab dan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Adapun kekurangan dalam penggunaan media-media tersebut, yaitu biaya produksi yang tinggi sehingga menjadi hambatan bagi sekolah dan penggunaan media secara terus menerus akan menjadikan pembelajaran yang monoton. Penelitian ini merekomendasikan para guru untuk mengembangkan smartbook sebagai media yang cukup efektif dalam pembelajaran bahasa Arab bagi tunanetra.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Arabic Language, The Blind
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:48
Last Modified: 12 Aug 2024 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47477

Actions (login required)

View Item
View Item