EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH NGAWI JAWA TIMUR

WARDAH HANIFAH (2024) EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH NGAWI JAWA TIMUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (743kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas indikator metode Addie yang dilaksanakan, yaitu: menganalisis kemampuan siswa kelas V dalam belajar bahasa Arab, mengembangkan rencana pembelajaran bahasa Arab kelas lima, mengembangkan pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode menyanyi, melaksanakan pembelajaran bahasa Arab, mengevaluasi gaya bernyanyi dalam meningkatkan pemahaman kosakata, bahasa Arab Addie merupakan singkatan dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Skor pre-test minimum adalah 10, skor pre-test maksimum adalah 100, dan skor rata-rata adalah 69,23. Pada saat yang sama, skor post-test minimum adalah 60, skor post-test adalah 100, dan skor rata-rata adalah 89,62. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai siswa sebelum dan sesudah mereka menerima sarana belajar berupa menyanyi. Sehingga terjadi peningkatan nilai dan dapat disimpulkan berhasil.Hasil analisis uji paired sample test menunjukkan nilai sig. 2. (bi-tailed) adalah 0,000 <0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 dapat diterima, yang berarti bahwa ada perbedaan antara skor rata-rata sebelum dan sesudah sarana belajar dalam bentuk metode bernyanyi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas lima SD Muhammadiyah Ngawi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa percobaan itu berhasil. Hasil analisis jadwal pengulangan jadwal angket menemukan bahwa 22 siswa suka belajar bahasa Arab, 23 siswa memahami materi pembelajaran bahasa Arab, 26 siswa setuju bahwa alat bantu belajar menyanyi membuat mereka memahami materi, dan 22 siswa suka bertanya. Jika mereka tidak mengerti, 8 siswa setuju bahwa pemberian tugas/pembinaan menciptakan semangat belajar, 21 siswa memotivasi untuk belajar bahasa Arab, 26 siswa setuju bahwa penyampaian guru membantu mereka belajar bahasa Arab, 26 siswa merasa terbantu dengan alat bantu belajar menyanyi 26 siswa puas dengan sarana belajar dan 21 siswa setuju bahwa mereka ingin belajar media bernyanyi setiap kali mereka belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: effectiveness, how to sing the performance, improve comprehension
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 10 Aug 2024 02:54
Last Modified: 10 Aug 2024 02:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47507

Actions (login required)

View Item
View Item