DONA AGESTI KURNIA (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII PONDOK PESANTREN DARUL MUKHLASIN KEPULAUAN RIAU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Bab I.pdf
Download (451kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (349kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini ialah kurangnya peran guru dalam pemanfaatan metode pembelajaran, sehingga siswa cendrung pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode pembelajaran mind mapping dalam pelajaran bahasa Arab untuk nilai siswa kelas VIII pondok pesantren Darul Mukhlasin Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan bentuk berupa one grup pretes posttest design. Adapun sampel dalam penelitian ini ialah 34 siswa kelas VIII dari 364 populasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang bersumberdata dari pretes dan postest pada siswa kelas VIII pondok pesantren Darul Mukhlasin Kepulauan Riau, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping guna meningkatkan nilai siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Paired Sample Test yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0.000, yang menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Hasil ini menunjukkan bahwa intervensi yang diberikan berhasil meningkatkan kinerja atau hasil subjek, dengan nilai posttest yang secara signifikan lebih tinggi daripada pretest. Dengan arti hipotesis (Ha) dalam penelitian ini di terima yaitu terdapat pengaruh pada implementasi metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab untuk siswa kelas VIII pondok pesantren Darul Mukhlasin Kepulauan Riau.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arabic, Learning Results, Mind Mapping |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 03:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 03:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47525 |