NURUL AMNIL BARIYYAH (2024) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA KARTUN UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH ISTIMA KELAS 3 SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MRISI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB)
Bab I.pdf
Download (373kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (720kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penggunaan Media Kartun dalam peningkatan Maharah Istima Mufrodat pada pembelajaran bahasa arab kelas III SD Muhammadiyyah Mrisi. Untuk menganalisis sejauh mana efektivitas penggunaan media kartun dalam meningkatkan Maharah Istima Mufrodat siswa kelas III SD Muhammadiyyah Mrisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix methods, yaitu pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menggunakan Jenis penelitian mix method metode penelitian campuran ( Mix Method) adalah metode penelitian yang memadukan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam satu kegiatan penelitian untuk memperoleh data yang lengkap, valid, dan dapat dipercaya, lebih dapat dipercaya dan obyektif. penelitian kualitatif ini berupa data deskriptif yang diperoleh dari data-data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara metode penelitian kuantitatif lebih berfokus pada data angka dengan instrument berupa test Dari hasil wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian Ini adalah menunjukan bahwa Media Kartun berpengaruh terhadap Maharah Istima, (1) Media kartun dianggap mudah dibuat oleh 11% siswa, sementara 89% merasa kesulitan. (2) Sebanyak 70% siswa menyukai belajar menggunakan media kartun, sisanya 30% tidak suka.(3) Media kartun dianggap menarik oleh 70% siswa, dan 30% sisanya tidak tertarik. Analisis uji-T terhadap hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai signifikan (Sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05), maka terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest di kelas eksperimen. Nilai signifikansi (Sig. (2-tailed) 0.002< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pre test dan post test kelas kontrol.maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kartun terhadap maharah istima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cartoon Media, Listening Skill, Spreads, Language Learning Arabic |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:51 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47547 |