NURUL RAHMADINA (2024) EFEKTIVITAS PENGUNAAN METODE SCRAMBLE DALAM PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARABBAGI SISWA KELAS X SMA AL AZHAR 9 TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (640kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini terfokus pada siswa kelas x di SMA Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta.Permasalahan yang ditemukan bahwa keterlibatan siswa masih kurang terhadap pembelajaran, dalam hal ini pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa masih terlihat pasif. Pemilihan metode yang monoton mudah menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh selama kegiatan pembelajaran. Maka peneliti memiliki ketertarikan untuk melakukan penelitian terkait pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap penguasaan kosakata.Tujuan peneliti mengangkat topik ini ialah untuk mengetahui apakah penggunaan metode scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa akan penguasaan kosakata yang telah siswa pelajari.Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen untuk mencari pengaruh perlakuan (treatment) tertentu. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas, homogenitas dan uji dua sampel tidak berpasangan. Hasil rata-rata dari nilai post test kelas kontrol yaitu sebesar 82,29, sedangkan kelas eksperimen sebesar 87,06. Setelah data terbukti berdistribusi dengan normal dan homogen, peneliti melakukan uji t. Hasil uji independent sampel T- test menunjukkan bahwa nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000. Maka disimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti adanya pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran scramble terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas x di SMA Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta.
Dosen Pembimbing: | Muh. Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D. | NIDN0503058201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | use, vocabulary, scramble, mastery, method |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:42 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |