ZULFA (2024) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (907kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
Bab I.pdf
Download (236kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi komponen proses pelaksanaan program pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Dari empat komponen yang terdapat dalam model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), penelitian ini dibatasi pada Process (aspek proses) yang berfokus pada penerapan masukan di pembelajaran Bahasa Arab di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) yang berguna untuk pengembangan dan peningkatan suatu program. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan angket atau kuesioner sebagai metode pengumpulan data serta pemaparan hasil analisis dalam bentuk kalimat atau keterangan. Hasil penelitian evaluasi ini menunjukkan bahwa program pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta dilihat dari komponen Process sudah cukup baik, namun masih terdapat catatan pada poin evaluasi pembelajaran yang terkait dengan alokasi waktu dan tujuan pembelajaran. 57% siswa menyatakan tidak setuju, dan 11% siswa menyatakan sangat tidak setuju bahwa latihan yang diberikan oleh guru berupa soal-soal mudah atau tes dari materi yang sudah diajarkan dengan maksud tersirat bahwa siswa masih belum sepenuhnya mampu menyimak, menulis, dan menyelesaikan latihan-latihan Bahasa Arab. Salah satu faktor yang memicu hal tersebut yakni kurangnya alokasi waktu yang diberikan untuk pembelajaran Bahasa Arab dalam satu pekan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Evaluation, CIPP Evaluation Model, Arabic Language |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 02:46 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 02:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47608 |