EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT)

ZULFA (2024) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi komponen proses pelaksanaan program pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Dari empat komponen yang terdapat dalam model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), penelitian ini dibatasi pada Process (aspek proses) yang berfokus pada penerapan masukan di pembelajaran Bahasa Arab di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) yang berguna untuk pengembangan dan peningkatan suatu program. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan angket atau kuesioner sebagai metode pengumpulan data serta pemaparan hasil analisis dalam bentuk kalimat atau keterangan. Hasil penelitian evaluasi ini menunjukkan bahwa program pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta dilihat dari komponen Process sudah cukup baik, namun masih terdapat catatan pada poin evaluasi pembelajaran yang terkait dengan alokasi waktu dan tujuan pembelajaran. 57% siswa menyatakan tidak setuju, dan 11% siswa menyatakan sangat tidak setuju bahwa latihan yang diberikan oleh guru berupa soal-soal mudah atau tes dari materi yang sudah diajarkan dengan maksud tersirat bahwa siswa masih belum sepenuhnya mampu menyimak, menulis, dan menyelesaikan latihan-latihan Bahasa Arab. Salah satu faktor yang memicu hal tersebut yakni kurangnya alokasi waktu yang diberikan untuk pembelajaran Bahasa Arab dalam satu pekan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Program Evaluation, CIPP Evaluation Model, Arabic Language
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:46
Last Modified: 19 Aug 2024 02:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47608

Actions (login required)

View Item
View Item