MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN OF ENVIRONMENT, SOCIAL, AND GOVERNANCE (ESG) PROGRAM TOWARDS PT PERTAMINA (PERSERO) EMPLOYEES PERIOD 2022

FIRNA RAMADHANI PUTRI (2024) MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN OF ENVIRONMENT, SOCIAL, AND GOVERNANCE (ESG) PROGRAM TOWARDS PT PERTAMINA (PERSERO) EMPLOYEES PERIOD 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertamina merupakan perusahaan milik negara di Indonesia yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi. Sebagai perusahaan minyak dan gas, Pertamina berkomitmen untuk menerapkan keberlanjutan dalam praktik bisnisnya. Pertamina berkomitmen terhadap keberlanjutan dengan menerapkan kerangka kerja Environment, Social, and Governance (ESG)dalam strategi bisnisnya. Untuk mendukung penerapan kerangka kerja Environment, Social, and Governance (ESG) dalam strategi bisnisnya, Pertamina melakukan kampanye kepada karyawannya untuk meningkatkan kesadaran mengenai Environment, Social, and Governance (ESG) karena mereka percaya pada teori pertukaran sosial antara perusahaan dan karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kampanye public relations Program Environment, Social, and Governance (EGS) terhadap karyawan PT Pertamina (persero). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak PT Pertamina (persero) dan karyawan Pertamina yang terpapar kampanye ini. Metode ini juga didukung oleh beberapa data dan dokumentasi dari kegiatan kampanye. Hasil penelitian diuji dengan menggunakan teknik keabsahan data dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertamina mengelola kampanye public relations mengenai Environment, Social, and Governance (ESG) melalui analisis masalah berdasarkan audit komunikasi untuk lebih memahami dari sudut pandang karyawan dan menghemat waktu. Tujuan Pertamina dalam kampanye ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan ajakan untuk bertindak terkait Environment, Social, and Governance (ESG). Target audiens disegmentasikan ke dalam dua kategori, yaitu Midmanagerial dan Karyawan Umum. Strategi yang dilakukan Pertamina dalam kampanye ini adalah dengan pendekatan Cascading Communication dan pendekatan aktivitas keseharian Pekerja dalam pengemasan pesan yang disampaikan sepanjang tahun berdasarkan Kalender Kegiatan Komunikasi Internal. Tim Internal komunikasi menggunakan Email broadcasts sebagai media komunikasi utama selama kampanye berlangsung dan menghubungkan kegiatan-kegiatan Internal dengan topik ESG sebagai media kampanyenya. Tim Internal Komunikasi juga menggunakan media seperti komunikator perusahaan, situs web, dan media luar ruang. Dalam kampanye ini, Pertamina menggunakan Audit Komunikasi untuk mengevaluasi feedback dari karyawan. Penggunaan audit komunikasi sebagai evaluasi untuk kampanye ini dinilai kurang efektif karena pengukuran audit komunikasi dari tahun 2021 dan 2022 berbeda. Namun, kampanye ini dinilai sukses karena berhasil meningkatkan awareness hingga 11% dari tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Management Public Relations Campaign, Environment, Social, Governance (ESG), Pertamina, Employees
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 14 Aug 2024 01:31
Last Modified: 14 Aug 2024 01:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47841

Actions (login required)

View Item
View Item