FATHIARKA MA'RUF TINJAUAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN HUBUNGANNYA TERHADAP KEBERLANJUTAN BLSNIS (STUDI KASUS PADA dr. NURDIN WAHID MEDICAL CENTER (NMC) CIBINONG) (KLINIK UTAMA). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
PENDAHULUAN.pdf
Download (5MB)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB. I.pdf
Download (3MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang: Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu organisasi dan disahkan bila diperlukan untuk memberikan data kepada manajemen untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan. Pada hakekatnya sistem informasi merupakan suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, penyajian informasi, analisis data penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan. Untuk mengetahui baik tidaknya kualitas yang dihasilkan, berjalan atau tidaknya aplikasi yang ada maka diperlukan suatu peninjauan tentang SIM. Tujuan: Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana hubungan Sistem Informasi Manajemen terhadap keberlanjutan bisnis di Klinik NMC. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sampel penelitian ini adalah orang-orang yang berwenang dan terlibat langsung dalam pengisian SIM dan juga yang terlibat langsung dalam pengambilan keputusan klinik. Instrumen penelitian ini menggunakan Pedoman Wawancara dan FGD serta ceklis. Hasil: Hasil penelitian pada klinik NMC menunjukan bahwa pada komponen input, proses, output dan outcome masih tidak sesuai dengan kriteria pencapaian yang mesti dicapai oleh setiap komponennya sehingga data yang dihasilkan masih kurang falid yang dapat mengakibatkan pengambilan keputusan tidak dapat diambil sesuai dengan hasil dari SIM itu sendiri. Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan SIM Klinik pada Nurdin Medical Center belum tepat guna dikarenakan hal-hal sebagai berikut: Belum terbentuknya the right man in the right place pada sebagian area krusial yang berperan dalam penginputan data maupun pengolahannya dan belum tersedianya SOP yang lengkap dan petunjuk teknis lainnya, sehingga pengaplikasian SIM Klinik hanya berlandaskan pada modul standar aplikasi SIM Klinik. Idealnya, aplikasi SIM Klinik lah yang mengikuti kebutuhan SOP Klinik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Manajemen, Keberlanjutan Bisnis |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:58 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47962 |