Nabila Azhar Zakiah (2020) EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN "SCRABBLE" DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (689kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (714kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (733kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (822kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Efektifitas Media Pembelajaran -scrabble- Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab kelas 7 SMP Muhammadiyah Yogyakarta.
Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis statistic melalui data-data yang diperoleh dari 2 jenis tes yaitu (pretest) dan (posttest). Jenis penelitan ini adalah eksperimen (Eksperimental Research). Peneliti menggunakan sampel penelitian berjumlah 46 siswa, kelas eksperimen sebanyak 23 siswa dan kelas eksperimen 23 siswa. Adapun metode pengumpulan data didasarkan pada tahapan-tahapan berikut yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tahap pengumpulan data yang dilakukan adalah Tahap persiapan dengan mempersiapkan format observasi, format wawancara, soal pretest dan posttest dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun teknik analisis data yang didasarkan pada tahapan-tahapan berikut yaitu teknik analisis data, uji normalitas dan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya dengan menggunakan media -scrabble- ini efektif bagi siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab dan hal tersebut menjadi solusi bagi para siswa yang lemah dalam penguasaan kosakata bahasa Arab, maka efektifitas ini dapat diukur melalui peningkatan pada nilai rata-rata kelas eksperimen pada uji pretest yaitu 30,22 dan pada saat uji post-test nilai rata-rata kelas yaitu 52,39, dan kenaikan nilai rata-rata tersebut adalah 22,17
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:48 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/512 |