Raka Imby Ageng Seno (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (329kB)
Bab I.pdf
Download (345kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (609kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (775kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Google Classroom dalam proses pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas XI selama pandemi COVID 19 di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta, mengetahui pengaruh yang timbul setelah menggunakan media Google Classroom terhadap minat belajar siswa kelas XI dalam mata pelajaran Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta selama Pandemi COVID 19, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan media Google Classroom.Jenis penelitian yang akan digunakan yaitu penelitian campuran <em>(</em><em>mixed research</em><em>)</em> dengan pendekatan korelasional. Adapun instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumen pendukung. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta dengan jumlah 40 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta dengan jumlah 11 orang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Google Classroom dalam proses pembelajaran Bahasa Arab perlu bantuan aplikasi lain yaitu Google Meet untuk bertatap muka secara virtual. Sedangkan dalam komunikasi secara syncronous, guru memerlukan aplikasi lain yaitu Whatsapp. Penggunaan media Google Classroom sudah cukup menunjang proses pembelajaran dalam jaringan. Sedangkan hasil analisis koefisien korelasi yang sudah dilakukan yaitu sebesar 0,062 (korelasi antar variabel sangat lemah). Sedangkan hasil analisis uji keberartian regresi menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,857 > 0,05 artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media Google Classroom dengan minat belajar Bahasa Arab. Kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media Google Classroom yaitu siswa lebih mudah mengakses materi pembelajaran yang telah disediakan oleh guru dimanapun dan kapanpun, tidak tersedianya fitur untuk bertatap muka secara virtual, dan guru menjadi kesulitan dalam mengatur proses pembelajaran.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 06:59 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 06:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6642 |